Bupati Adnan Sebut Rencana Pembangunan 2024 Gowa Fokus Tuntaskan RPJMD

GOWA, NEWSURBAN.ID — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menegaskan Perencanaan pembangunan yang matang sangat penting dalam mensukseskan program dan memajukan suatu daerah. Karena itu, rencana pembangunan 2024 Gowa fokus tuntaskan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah).

Hal tersebut dia ungkapkan saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten, di Living Plaza Hertasning, Selasa (14/3).

Ia mengungkapkan 60 persen sebuah kesuksesan ditentukan oleh perencanaan, sehingga ketika perencanaan tersebut baik maka 60 persen kesuksesan sudah bisa diraih.

“Apabila kita mampu membuat sebuah perencanaan yang baik maka 60 persen kesuksesan sudah berada di tangan kita. Sehingga Musrenbang tahun ini kita lakukan dengan berbagai macam rangkaian. Mulai dari Musrenbang Desa, Kelurahan, Kecamatan, Musrenbang Tematik (Stunting dan Pemberantasan Kemiskinan Ekstrem), Musrenbang Anak dan Pemuda. Dan gowa  merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang melaksanakan Musrenbang Pemuda,” ungkapnya.

Baca Juga: Gowa Masuk 16 Besar Penilaiaan Penghargaan Pembangunan Daerah

Adnan mengaku, program dalam rencana pembangunan 2024 Gowa tetap berfokus pada lima program prioritas. Yang tercantum dalam RPJMD Kabupaten Gowa 2021-2026. Yakni pendidikan, kesehatan, infrastruktur, keagamaan, pertanian dan UMKM.

“Kelima program prioritas kita ini tidak boleh keluar sejak penetapan RPJMD dan alhamdulillah sekarang on the track untuk menjalankan pembangunan. Dan yang paling terpenting program yang kita kerjakan tahun depan tetap mengacu untuk pertumbuhan ekonomi, menekan laju inflasi. Dan, juga infrastruktur yang berkelanjutan,” jelas Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Gowa itu menyebutkan capaian indikator makro Kabupaten Gowa tahun 2022 menunjukkan angka yang positif. Hal ini terlihat mulai dari Indeks Pembangunan Manusia meningkat 70,99 dari tahun 2021 yaitu 70,29.

Begitupun dengan tingkat kemiskinan turun dari 7,54 persen di tahun 2021 menjadi 7,36 di tahun 2022. Dan tingkat pengangguran terbuka juga mengalami penurunan dari 4,30 persen menjadi 3,26 persen di tahun 2022.

“Kita berharap dengan berbagai usulan saran, dan masukkan dari setiap pelaksanaan musrenbang bisa meningkatkan perekonomian kita. Yang berdampak terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” harap Ketua PMI Sulsel ini.

Baca Juga: Hadiri Musrenbang Pemuda, Bupati Gowa Dorong Peran Pemuda Dalam Ciptakan Lapangan Kerja

Bappeda akan menghimpun ueluruh usulan kemudian-ditetapkan menjadi program prioritas dan akan di akomodir oleh Pemerintah Kabupaten Gowa. Namun begitu tetap harus menyesuaikan kemampuan keuangan daerah.

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Gowa, Sujjadan mengatakan Musrenbang ini bagian dari rangkaian penyusunan RKPD 2024. Yang merupakan tahun ketiga pelaksanaan RPJMD 2021-2026.

“Sampai dengan tanggal 8 Maret 2023 kemarin,  kegiatan yang-diusulkan untuk-didanai pada APBD 2024 melalui aplikasi SIPD terhimpun sebanyak 2588 usulan kegiatan. Dengan rincian yang di usulkan oleh masyarakat 2.220. Serta Pokir DPRD sebanyak 368 usulan kegaiatan sehingga seluruh usulan ini akan di sesuaikan dengan program prioritas Pemkab Gowa,” katanya.

Pada pelaksanaan Musrenbang ini, Pemerintah Kabupaten Gowa turut memberikan penghargaan kepada beberapa SKPD sebagai Perencanaan Perangkat Daerah (PPD) terbaik. Yaitu terbaik enam Dinas PMD, terbaik kelima Dinas Peternakan dan Perkebunan, terbaik keempat Dinas Perikanan, terbaik ketiga DPMPTSP, terbaik kedua BPKD. Dan terbaik pertama Bapenda.

Baca Juga: Gowa Siapkan 3.004 Ha Lahan untuk Program Panen Padi Nusantara

Penghargaan juga diberikan kepada Penyelenggaraan Musrenbang Kecamatan Terbaik Tahun 2023. Yaitu Kecamatan Bajeng Barat, Kecamatan Parigi, Kecamatan Pallangga, Kecamatan Manuju.

Di akhir acara juga dilakukan penandatangan berita acara kesepakatan yang diikuti oleh Staf Ahli Pemprov Sulsel; Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni, Forkopimda Gowa, Aggota DPRD Sulsel dan Kabupaten Gowa; Serta berbagai organisasi masyarakat yang ada di Kabupaten Gowa. (nah/upi)

↑
Exit mobile version