Guru Tua Diusulkan Menjadi Pahlawan Nasional

PALU, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Pemerintah Kota Palu kembali mengusulkan Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri menjadi Pahlawan Nasional. Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri atau dikenal dengan sebutan Guru Tua diusulkan menjadi pahlawan nasional karena kepahlawanannya di nikmati hingga kini.

Dokumen pengusulan Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri di sampaikan oleh Tim dari Pemerintah Kota Palu. Kepada Direktorat Pemberdayaan Sosial di Kementerian Sosial pada Rabu, 29 Maret 023, di Gedung Kementerian Sosial Jalan Salemba, Jakarta.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Kota Palu selaku pimpinan rombongan menyampaikan bahwa penganugerahan Sayyid Idrus Bin Salim Al jufri atau yang di kenal Guru Tua diusulkan menjadi Pahlawan Nasional adalah harapan bagi masyarakat Kota Palu. Karena jasa-jasa Guru Tua di bidang pendidikan dan dakwah sehingga dapat di rasakan dampaknya oleh Masyarakat Kota Palu sampai saat ini.

Baca Juga: Diah Tri Purwantini Resmi Jadi Anggota DPRD Kota Palu PAW

“Pemerintah Kota Palu menyampaikan dokumen pengusulan Sayyid Idrus Bin Salim Al’jufri sebagai calon Pahlawan Nasional kepada Kementerian Sosial karena merupakan harapan dari Masyarakat kota Palu sebagai tokoh dan pejuang di Sulawesi Tengah” ujar Irma Petalolo.

Pengusulan berkas calon Pahlawan Nasional di terima langsung oleh Direktur Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Sosial. Pada kesempatan tersebut Arif Nahari menyampaikan bahwa dokumen pengusulan Sayyid Idrus Bin Salim Al jufri akan di teliti secara teknis. Dan selanjutnya akan di sampaikan kepada Tim Peneliti dan Penggaji Gelar Pusat (TP2GP).

“Dokumen pengusulan calon Pahlawan Nasional Almarhum Sayyid Idrus Bin Salim Al’jufri akan kami teliti kembali secara teknis. Namun pada prinsipnya telah lengkap dan akan di ajukan ke TP2GP untuk di bahas sebagai Pahlawan Nasional” ujar Arif.

Baca Juga: Pacu Ekonomi Digital, Dinas Kominfo Kota Palu-BPSDM Kominfo Manado Gelar DTS dan DEA

Pengusulan Sayyid Idrus Bin Salim Al jufri pada tahun 2023 berdasarkan surat dari Kementerian Sosial tertanggal Januari 2023. Bahwa pengusulan Sayyid Idrus Bin Salim Al jufri tahun 2022 pada sidang pembahasan Tim Peneliti dan Pengkaji gelar di tunda untuk di bahas. Untuk itu usulan calon Pahlawan Nasional an Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri dapat di usulkan kembali.

Hadir bersama pada penyerahan dokumen pengusulan Sayyid Idrus Bin Salim Al jufri sebagai calon Pahlawan Nasional. Antara lain Sekretaris Kota Palu, Irmayanti, S.Sos, M.M, Kepala Dinas Sosial Kota Palu, Perwakilan dari Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah. (ysf)

Exit mobile version