Terkait Pembangunan Bola Soba Warga Watang Palakka Minta Situs Bersejarah Tak Dihilangkan

BONE, NEWSURBAN.ID Setelah melalui proses panjang kini lokasi lahan pembangunan proyek Bola Soba yang terletak di Kelurahan Watang Palakka Kecamatan Tanete Rittang Barat Kabupaten Bone Sulawesi Selatan kini mendapat dukungan dari warga setempat.

Seorang Pemuda Buyung mewakili sekelompok masyarakat setempat yang menamakan dirinya Aliansi Warga Watang Palakka mengapresiasi dan mendukung terwujudnya pembangunan rumah adat Bola Soba tersebut.

Meski begitu, Buyung mewakili masyarakat setempat mengajukan permintaan ke Pemerintah Daerah ( Pemda ) Bone bahwa ada satu titik di lokasi tersebut merupakan situs sejarah yang harus di beri tanda.

Baca Juga : Satgas Pangan Mabes Polri Sidak di Pasar Terong Makassar, Temukan Harga Minyak Goreng Tidak Wajar

“Ini adalah situs tanda lubang yang sering di sebut Akkaliring pada jaman kerajaan dulu yang harus tetap di jaga kelestariannya,” ungkapnya saat ditemui Senin 17/4/2023.

Buyung pun berharap nantinya jika Bola Soba terbangun agar di sisakan satu lubang tersebut sebagai history/sejarah.

“Ini sebagai bentuk bahwa memang pernah ada rumah kerajaan Palakka dahulu pada jaman Latenritatta dan itu di huni sampai 7 generasi sebelum Latenritatta di lokasi itu sudah di huni 7 turunan atau 7 kerajaan raja itu,” terang Buyung.

Baca Juga : Jelang Hari Kartini, Dinas Pendidikan Gowa dan TP PKK Gowa Gelar Lomba Baca Surat Kartini Bahasa Inggris

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga, Cipta Karya, dan Tata Ruang (DBMCKTR) Kabupaten Bone, Askar menanggapi bahwa hal tersebut akan mengkomunikasikan hal tersebut bersama Dinas Kebudayaan.

“Nanti saya koordinasikan ke Dinas Kebudayaan karena kalau menyangkut situs bersejarah itu domainnya Kebudayaan,” kata Askar.

Kami dari pihak DBMCKTR hanya di posisikan sebagai jalur pembangunan. Adapun situs-situs seperti itu bisa di bicarakan dengan pihak Kebudayaan,” tambahnya.(far)

Exit mobile version