Mendagri Tito Sanjung Danny Pomanto Sukses Gelar Peringatan OTDA Secara Outdoor dengan Meriah

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Mendagri RI Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian menyanjung Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto yang sukses menggelar peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) dengan meriah.

Mantan Kapolri ini bahkan memuji Danny Pomanto sapaan akrab Ramdhan Pomanto yang kerap memberikan kejutan spesial dalam setiap event-event akbar pemerintahan.

Karena itu, dalam sambutannya, Tito secara khusus berterima kasih kepada Danny Pomanto yang sudah merancang upacara peringatan OTDA dengan spektakuler itu.

Baca Juga: Wali Kota Danny Pomanto Pimpin Gladi Pertunjukan Tari Pakarena di Atas 200 Kapal Nelayan

“Saya berterimakasih, wabil khusus kepada Wali Kota Makassar, Pak Danny Pomanto. Saya tidak menyangka acara semeriah ini,” kata Tito di sela-sela sambutannya dalam upacara Peringatan Hari OTDA ke XXVII di Anjungan Pantai Losari, Sabtu, (29/04/2023).

Bahkan, ia mengaku, Wali Kota dua periode ini memang selalu memiliki kejutan-kejutan dalam pelaksanaan event. “Tetapi memang kalau Pak Danny yang buat acara selalu ada kejutan-kejutan,” tambahnya, di sambut tepuk tangan peserta upacara.

Dia mengungkapkan, upacara ini merupakan salah satu yang terbesar yang di selenggarakan secara outdoor.

“Sebelumnya ada acara besar dengan Presiden RI Jokowi yang di hadiri forkopimda dan seluruh kepala daerah di Sentul. Itu salah satu acara terbesar, tetapi indoor. Outdoornya, inilah yang terbesar di Makassar ini,” pujinya, lagi.

Baca Juga: Danny Pomanto Ajak Mendagri Tito Nikmati Kuliner Makassar Kota Makan Enak

Apalagi, dalam catatannya sekira lebih dari 70 persen kepala daerah seluruh Indonesia hadir dalam upacara peringatan OTDA ini.

Di samping itu, hal penting lainnya dalam arahannya yakni, Tito menegaskan bahwa peringatan otonomi daerah ini harus sebagai sebuah refleksi terhadap seluruh daerah.

Pasalnya, tekan dia, ujung dari otonomi daerah ialah terwujudnya kemandirian fiskal oleh daerah sehingga tidak harus di bantu terus oleh pemerintah pusat.

Dari situ, kontemplasi ini mengharuskan daerah otonom memiliki kemampuan entrepreneurship atau kewirausahaan untuk membaca peluang daerah masing-masing sehingga dapat meningkatkan pendapatan agar tercipta kemandirian fiskal.

Dengan begitu, tema Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul sekaligus membuat Indonesia menjadi negara dominan di tingkat regional hingga internasional.

Baca Juga: Danny Pomanto Pimpin Gladi Kotor Persiapan H-2 Peringatan OTDA di Makassar

Termasuk menjadikan daerah berkreasi dengan kewenangan yang lebih luas. Di tambah lagi, posisi Indonesia dari Sabang sampai Merauke memiliki kekhasannya masing-masing.

Makanya setiap daerah tidak bisa mendapatkan perlakuan yang sama tetapi sesuai ciri khasnya.

Danny Pomanto sedari awal memang sudah memfinalisasi dan secara serius menggarap Hari OTDA ini. Apalagi upacara ini merupakan kali pertama setelah tiga tahun dan merupakan yang pertama di Indonesia Timur selama ini.

Beberapa agenda akbar dalam peringatan OTDA yang di laksanakan hari ini. Di antaranya, Pelaksanaan Upacara pada pukul 07.30 hingga 08.30 Wita.

Di sela-sela itu terdapat rangakaian seperti, upacara inti lalu di lanjutkan dengan Foto Bersama di Depan Anjungan Pantai Losari. Menyaksikan Pertunjukan Budaya Tari Pakarena yang di peragakan penari di atas 200 perahu nelayan. Pelaksanaan Festival Coto Makassar di Anjungan Pantai Losari, Kunjungan Festival Inovasi Pemda. Dan Kunjungan Lorong Wisata sebelum pergelaran Malam Apresiasi pada malam harinya. (*)

Exit mobile version