PT CLM Kembali Salurkan Bantuan Air Bersih Bagi Warga Terdampak Tanah Longsor Desa Harapan

LUWU TIMUR, NEWSURBAN.ID — Manajemen PT Citra Lampia Mandiri (CLM), kembali menyalurkan bantuan air bersih untuk warga di dusun Mekarti, Desa Harapan, Kecamatan Malili, Luwu Timur.

Penyaluran air bersih, diakibatkan warga mengalami kesulitan mendapatkan air bersih pasca tanah longsor, Selasa 16 Mei 2023 malam. “Sekira 200 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak. Manajmen PT CLM mengerahkan satu mobil tangki berkfasitas 6000 Litter,” ujar Manajemen PT.CLM Herly, Kamis 18 Mei 2023.

Metode menyumpai air bersih kepada warga. Lanjutnya, dengan cara mendatangi rumah warga yang berada di sepanjang jalan dan mengisi ember dan wadah penampung lainnya yang sudah disediakan warga.

Baca juga: Pascabanjir Desa Harapan Luwu Timur, PT CLM Kerahkan Alat Berat Untuk Normalisasi Sungai Laoli

”Dusun ini berada dalam wilayah konsesi PT CLM. Sehingga sudah menjadi kewajiban kami untuk memberikan bantuan kepada warga yang dilanda kesulitan air bersih,” kata Erly.

Kepala Dusun Mekarti, Yusuf Rahman, mengucapkan rasa berterima kasih kepada manajemen PT CLM telah memberikan bantuan air bersih bagi warga terdmpak.

Menurutnya, bantuan ini dianggap satu solusi untuk mengatasi kesulitan air bersih yang dialami warga Dusun Mekarti setelah Intake air bersih ditimbun material longsor.

”Kami mengucapkan terimakasih bantuan air bersihnya. Kami berharap bantuan ini tidak diberikan hanya sekali ini saja, tapi sampai keadaan sudah normal kembali,” ujarnya.

Baca juga: Banjir Landa Desa Harapan Malili, PT CLM Kerahkan Tim Penanganan Bencana

Hujan lebat pada Selasa 16 Mei 2023, menebabkan permukaan tanah ditebing tak jauh dari intake air bersih longsor. Material longsor menimbun intake air bersih

Warga di dusun tersebut, hanya itu satu-satunya intake air bersih. Sehingga saat tertimbun longsor warga tidak bisa memperoleh air bersih lagi.

PT CLM Melakukan Pengerjaan Normalisasi Sungai Desa Laoli

Sebelumnya, PT CLM juga menurunkan tim wilayah pemukiman warga di Dusun Laoli dan membersihkan SD Laoli, untuk melakukan evakuasi. Serta menyiapkan unit yang-dibutuhkan seperti water truck.

Baca juga: Respon Cepat! PT CLM Salurkan Bantuan Kepada Warga Ussu Luwu Timur Terdampak Banjir

Selain itu, manajemen PT CLM juga menurunkan satu unit excavator melakukan normalisasi sungai laoli-diakibatkan penyempitan sungai. Pengerjaan normalisasi sunngai sekitar ± 1,5 KM.

“Alhamdulillah selama banjir di Desa harapan. Khususnya di UPTD SD NEGERI 236 Laoli keterlibatan pihak PT CLM sangat membantu, kami selaku pihak sekolah sangat berterima kasih atas beberapa bantuan PT CLM,” ucapnya. (*)

Exit mobile version