Fenomena Langka Terjadi di Gorontalo, Jutaan Udang Bergorombol Naik ke Darat

GORONTALO, NEWSURBAN.ID — Fenomena langka baru kali terjadi jutaan udang naik ke darat secara bergerombol, hingga mengemparkan warga Gorontalo. Tepatnya, di Desa Buladu, Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

Penemuan langkah di temukan pertama kali oleh warga sekitar. Jutaan Udang Naik ke darat dengan cara bergorombol masuk dalam pekarangan rumahnya hingga di abadikan melalui video.

Salah satu warga Sumalata Timur, Kahar Mantulangi yang merekam fenemona itu menjelaskan, udang-udang kecil ini muncul dari pipa saluran air yang bocor di di rumah warga, Selasa 23 Mei 2023, sekitar pukul 17.00 Wita.

Kahar bersama warga lainnya merasa kaget karena udang yang biasa hidup di muara sungai ini tiba-tiba sudah muncul di permukaan. Padahal jarak muara masih sekitar satu kilometer dari lokasi munculnya udang.

“Udang ini muncul dari lubang pipa yang bocor. Saya tidak tahu sampai bagaimana udang ini bisa tembus ke sini. Memang pipa ini tersambung dari mata air di pegunungan. Muaranya tidak jauh dari pegunungan, bisa jadi udang masuk dari pipa yang berada di pegunungan dan tembus kesini,” ujar Kahar.

Baca Juga: Ini 8 Daerah di Sulteng-Diwaspadai Hujan Lokal yang Berpotensi Bencana

Fenomena ini kata Kahar, baru pertama kali terjadi di wilayah tersebut. Meskipun di Wilayah Sumalata Timur saat ini musim udang, tapi tidak sebanyak yang muncul kemarin.

Menurut Kahar, penyebab udang muncul ke permukaan kemungkinan di karenakan pasang surut air. Namun di sisi lain warga berharap fenomena udang naik ke darat tidak pertanda buruk.

“Karena ini baru pertama kali terjadi di sini. Semoga bukan pertanda buruk,” tandasnya.

Sementara Kepala Desa Buladu, Herlinda Laniyo mengatakan, udang-udang tersebut masih berada di lokasi hingga Rabu pagi. Kemudian di tangkap warga dan di jadikan umpan untuk memancing ikan, serta untuk di konsumsi warga.

“Udang-udang kecil itu sangat banyak, mungkin jutaan karena tidak terhitung jumlahnya. Udang-udang itu di tangkap warga untuk di jadikan umpan ikan di laut dan sebagian di jemur untuk di jadikan lauk,” kata Herlinda di konfirmasi Kamis 25 Mei 2023.

Baca Juga: PON XXII 2028, Sulteng-Gorontalo Siap Menjadi Tuan Rumah Bersama

Belum di ketahui penyebab jutaan udang-udang ini naik ke daratan. Namun peristiwa ini pun sudah di laporkan pemerintah desa Buladu kepada pemerintah daerah.

“Kami tidak tahu penyebab udang-udang ini naik ke daratan. Cuma memang di Desa Buladu saat ini masih musim udang tapi tidak sebanyak ini. Semoga fenomena tersebut bukanlah pertanda buruk. Semoga masyarakat dapat memanfaatkan udang-udang yang didapatkan,” tutup Herlinda. (*)

Exit mobile version