Jelang Idul Adha 1445 H, Dinas Peternakan Bone Perketat Pemeriksaan Hewan Kurban

BONE, NEWSURBAN.ID – Jelang Idul Adha 1445 H / 2024 M, Dinas Peternakan Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, gencarkan periksaan hewan kurban, sapi, kambing, dan kerbau. Tak tanggung-tanggung sebanyak 150 tim diterjunkan untuk pemeriksaan hewan di 27 Kecamatan yang ada Kabupaten Bone.

Hal tersebut di ungkapkan koordinator Tim Pemeriksaan Hewan, Drh Agusriady Kamis 13/6/2024.

“Jadi sesuai dengan peraturan itu tidak ada biaya yang di keluarkan saat akan melakukan pemeriksaan hewan. Baik hewan ternak untuk daerah Bone sendiri, maupun hewan ternak yang akan di kirim ke luar daerah,” ungkapnya.

Baca Juga: Jokowi Kurban Sapi Turbo di Bone pada Hari Raya Idul Adha 1445 H

Ia mengungkapkan untuk daerah Kabupaten Bone sendiri belum ada hewan yang di temukan memiliki penyakit.

“Belum ada yang terdeteksi, masih aman semua, hanya saja ada sekitar 3 ekor hewan qurban sapi yang kami temukan belum cukup umur. Sehingga kami melarang peternak untuk menjualnya,” kata Agusriady.

Agusriady juga merinci untuk jumlah hewan ternak yang paling banyak di Kabupaten Bone berada di wilayah selatan.

Baca Juga: Warga Bone Kembali Soroti Pasar Tradisional Bajoe, Kadis Perdagangan Janji Lakukan Perbaikan

Hal tersebut di sebabkan karena data yang di himpun dua kecamatan tersebut merupakan kecamatan yang paling banyak melakukan qurban pada perayaan Idul Adha.

“Kecamatan Libureng dan Kahu itu merupakan dua Kecamatan yang paling banyak populasi hewannya. Sehingga tim yang kami turunkan di sana itu sekitar 34 persen dari total keseluruhan tim, jadi 50 tim,” tambahnya. (fan/*)

Exit mobile version