Cegah Kasus Berulang, Dewan Minta Tindak Tegas Pelaku Perundungan Siswa SMPN 4 Makassar

#Ari Ashari: Jika Memungkinkan Keluarkan dari Sekolah

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar, Ari Ashari Ilham, geram atas terjadinya perundungan terhadap seorang siswa SMPN 4 Makassar.

Ia menegaskan, mencegah kasus serupa terulang, Dewan mintan Pemerintah Kota Makassar mendisiplinkan sekolah. Dewan juga minta kepada sekolah untuk tindak tegas pelaku perundungan terhadap seorang siswa SMPN 4 Makassar.

Ari Ashari juga mengatakan telah mendapatkan laporan langsung dari pihak orangtua siswa yang menjadi korbandi. Terlebih lagi, korban merupakan siswa  disabilitas yang seharusnya mendapatkan perlindungan dan penjagaan dari pihak sekolah.

Baca Juga: Komisi C DPRD Makassar Bahas Limbah Pabrik dan Surat Lembaga Anti Korupsi Nasional

“Korban ini adalah siswa disabilitas, sehingga kita di Kota Makassar itu sangat menjaga untuk menghindari mereka dari tindakan bully. Seharusnya, pihak sekolah lebih jeli lagi atau lebih bergerak, bagaimana untuk menjaga anak-anak kita di sekolah,” ungkapnya, Selasa (18/6/2024).

Apalagi, ada unsur sekolah yang mengaku hal bullying biasa terjadi. Inilah yang membuat Legislator Fraksi NasDem Makassar ini geram, sebab sekolah harusnya menjadi perlindungan dan pencegah tindakan tersebut terjadi di sekolah.

“Karena kan tentunya orang tua menitipkan anaknya di sekolah dengan harapan bahwa seluruh oknum atau seluruh pihak-pihak di sekolah itu menjaga dengan baik. Tapi kalau ada hal seperti ini kan, sangat merusak mental dari anak-anak kita. Jangan sampai anak ini, sudah merasa tidak percaya diri ataukah merasa sakit hati,” ujarnya.

Baca Juga: Monev Triwulan Pertama, Komisi B DPRD Makassar Minta SKPD Optimalkan Program Prioritas

“Sehingga banyak anak kita nantinya di sekolah, yang bisa menjadikan hal-hal ini sebagai contoh. Akhirnya ini anak juga, mohon maaf mereka berhenti sekolah atau membuat hal-hal yang tidak baik. Saya mau Dinas Pendidikan Makassar lebih menjaga lagi situasi dan kondisi di sekolah masing-masing melibatkan wali kelas,” tambahnya.

Ia tidak ingin, anak-anak di Makassar takut bersekolah karena banyaknya praktik bullying ini. “jangan membiarkan ada tempat atau ruang untuk anak-anak yang sering melakukan bullying di sekolah. Kita harus memberikan efek jera. Kalau memang memungkinkan keluarkan saja anak yang suka bullying dari sekolah. Supaya ini menjadi contoh untuk anak-anak dan orang tua murid yang lainnya,” tegasnya.

“Saya akan tindak tegas sekola, supaya tidak terjadi lagi kondisi seperti selanjutnya. Mulai hari ini, saya siapapun yang mencoba untuk membullying, akan berhadapan dengan saya. Nah kita mau sekarang pelakunya, harus berkoordinasi dengan pihak sekolah dengan Dinas Pendidikan untuk-diberikan efek jera tidak boleh seperti itu. Kita tidak bisa maklumi karena sudah bertindak fisik dan psikis,” sambungnya.

Baca Juga: Rakor Bersama Laskar Pelangi, Kabag Humas DPRD Makassar Minta Jaga Kedisiplinan

Dengan demikian menurut, Ari Ashari Ilham sudah tidak wajar jika hanya siswa korban ini mendapatkan permintaan maaf.

“Nah kelanjutannya ini laporan langsung ke saya pihak keluarganya. Saya mau sekolah harus tetap tidak boleh memainkan dalam membuat aturan,” bebernya. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google Berita

Exit mobile version