Sekkot Palu Irmayanti Terima Surat Pengesahan Status Kewarganegaraan Indonesia Almarhum Al Habib Sayyid Idrus bin Salim Al Jufri

PALU, NEWSURBAN.ID – Mewakili Wali Kota, Sekda Kota Palu Irmayanti, S.Sos, M.M menghadiri acara penyerahan surat pengesahan status kewarganegaraan Indonesia kepada (alm) Al Habib Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri, di aula kantor ruang Garuda Kemenkumham Sulteng pada Senin (29/7/2024).

Penyerahan surat pengesahan status kewarganegaraan Indonesia kepada (alm) Al Habib Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar diserahkan kepada Sekda Kota Palu.

Hadir pula Sekjen PB Alkhairaat H.Jamaluddin Mariadjeng dan pejabat PB Alkhairaat lainnya. Sejumlah pejabat turut hadir dalam acara tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Sulteng Paharuddin Yambas.

Baca Juga: Wali Kota Hadianto Rasyid Lepas Kontingen Popda Palu Bertanding di Tingkat Provinsi Sulteng

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdaprov Sulteng Paharuddin Yambas, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Palu H. Usman, S.H, Kadinsos Kota Palu Susik, Kabag Perekonomian Setda Kota Palu Rahmat Mustafa dan sejumlah pejabat lainnya.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, menyampaikan apresiasi dan penghargan kepada jajaran Pemkot Palu bersama PB Alkhairaat dan Pemprov Sulteng yang berupaya memperjuangkan hingga proses status pengesahan kewarganegaraan Indonesia telah disandang oleh Alm Al Habib Sayyid Idrus Bin Salim Al-Jufri.

Sementara itu, Sekda Kota Palu menyampaikan bahwa Sayyid idrus bin salim al-jufri, lahir di taris hadramaut, merupakan putra kedua dari pasangan habib salim bin alwi bin saggaf al-jufri, seorang mufti di hadramaut, dan andi syarifah nur binti muhammad al-jufri, keturunan raja di Sulawesi Selatan dengan gelar arung matoa wajo.

“Dalam darah beliau mengalir warisan ulama besar dari ayahnya dan pemimpin bangsawan dari ibunya,” ungkap Irmayanti.

Baca Juga: Innalillah, Habib Saggaf Muhammad Al-Jufri Wafat Sulteng Berduka

Menurutnya, kombinasi inilah yang membuat Al Habib Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri menjadi tokoh ulama pendidik yang kharismatik dan berjasa besar dalam membangun pendidikan serta menyebarkan dakwah Islam di Sulawesi Tengah.

“Jejak perjuangan Sayyid Idrus bin Salim Al-jufri dalam mendidik akhlak mulia dan mencerdaskan anak bangsa telah dimulai sejak masa penjajahan belanda, pendudukan jepang, hingga wafatnya pada tanggal 29 desember 1969,” tuturnya.

Meskipun fokus perjuangannya di bidang pendidikan dan dakwah islam, lanjut ia, namun Al Habib Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri tidak dapat terlepas dari tekanan penjajah Belanda dan Jepang karena aktivitasnya yang menentang kolonialisme.

“Sebagian besar hidup beliau dia curahkan untuk memperjuangkan kemuliaan akhlak dan kecerdasan anak bangsa,” ujarnya.

Baca Juga: Pastikan Berjalan Sesuai Rencana, Wali Kota Hadianto Rasyid Tinjau Progres Pengerjaan Bus Trans Palu

Melalui madrasah atau perguruan alkhairat yang dia dirikan pada 11 Juni 1930, Sayyid Idrus bin Salim Al Jufri telah berhasil mendirikan 1.550 sekolah. Mulai dari tingkat Taman Kanak-kanak, hingga menengah, perguruan tinggi. Bahkan Al Habib Sayyid Idrus Bin Salim Al Jufri, mendirikan rumah sakit tersebar di berbagai wilayah Sulawesi Tengah dan Indonesia Timur.

“Beliau juga mewariskan tidak kurang dari 49 pondok pesantren yang tersebar di wilayah yang sama,” jelas Irmayanti.

Warisan dan perjuangan Sayyid Idrus bin Salim Al Jufri melalui perguruan alkhairat jelas dia, telah memberikan dampak yang sangat luas. Tidak hanya di Sulawesi Tengah, tetapi juga di Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua, Kalimantan Selatan, dan daerah lain Indonesia timur.

“Banyak ulama, tokoh masyarakat, cendekiawan, dan intelektual yang lahir dari perguruan yang beliau dirikan,” pungkasnya. (ysw/*)

Exit mobile version