Hadiri Pesta Adat Sirawu Sulo, Calon Bupati Bone Andi Asman Tekankan Pentingnya Melestarikan Budaya

BONE, NEWSURBAN.ID – Calon Bupati Bone, Andi Asman Sulaiman, menghadiri pesta adat berkemas pesta rakyat Sirawu Sulo pesta adat tahunan ini digelar di Desa Pongka, Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone, Kamis (3/10/24).

Pesta tiga tahunan ini, merupakan tradisi adat yang mencerminkan warisan budaya masyarakat setempat.

Melalui sambutannya, Andi Asman menekankan pentingnya melestarikan tradisi sebagai bagian dari identitas dan kehidupan baru bagi warga Pongka. Tarian Sirawu Sulo yang-dipertunjukkan menggambarkan semangat melawan ketidakadilan serta ungkapan syukur kepada Tuhan atas berkah yang di terima.

Baca Juga: Kunjungi Masyarakat Desa Unra, Andi Asman Sulaiman Janji Dirikan Pabrik Besar

“Saya merasa senang dan gembira bisa hadir di sini, saya tidak menyangka rupanya seramai ini. Sudah menjadi tugas kita semua untuk melestarikan adat dan tradisi yang ada,” ungkapnya Jumat (4/10/2024).

Lanjut Andi Asman pesta rakyat Sirawu Sulo yang di adakan di Desa Pongka bukan hanya sekadar acara. Tetapi juga merupakan refleksi sejarah dan budaya masyarakat setempat.

“Tarian Sirawu Sulo yang memukau penonton mengisahkan peristiwa penting dari masa lalu. Sekaligus menyampaikan pesan semangat untuk menuju kehidupan yang lebih baik,” kata Cabup Bone Andi Asman.

Dalam tradisi ini, api yang di nyalakan melambangkan harapan dan keberanian rakyat melawan ketidakadilan. Suara gendang yang menggema menjadi simbol kemenangan dan kesejahteraan, menciptakan atmosfer penuh harapan bagi masyarakat yang menghadiri acara tersebut.

Baca Juga: Berkat Andi Asman, Warga Kelurahan Macanang Nikmati Jembatan Penghubung Masjid Al-Markas Al-Ma’arif

Pesta rakyat Sirawu Sulo di Desa Pongka, setiap tiga tahun ini, menjadi ajang strategis, Cabup Andi Asman Sulaiman, dengan tagline BerAmal nomor urut 3. Kehadirannya dalam acara ini tidak hanya merayakan budaya lokal tetapi juga mendekatkan diri dengan masyarakat.

“Ini pesta desa tapi rasa nasional,” lanjutnya memuji dan mengapresiasi seluruh pihak yang menyukseskan acara Sirawu Sulo,” tambahnya.

Di tengah acara, penonton teriakkan kata BerAmal saat Andi Asman berdiri menyampaikan sambutan. Rangkaian acara Sirawu Sulo yang sarat makna. Termasuk tarian dan simbol-simbol perjuangan rakyat, memberikan ruang bagi Andi Asman untuk berinteraksi dengan warga agar lebih mengenal paslon BerAmal. Ini menunjukkan betapa pentingnya tradisi lokal dalam konteks politik. Sebagai cara untuk merangkul masyarakat dan menyampaikan aspirasi mereka. (far/*)

Exit mobile version