Cagub Sulsel Danny Pomanto Ramaikan Rambu Solo’ Ma’pasilaga Tedong di Torut

TORAJA UTARA, NEWSURBAN.ID – Calon Gubernur (Cagub) Sulawesi Selatan (Sulsel), Moh Ramdhan Pomanto, (Danny Pomanto) ikut ramaikan acara Rambu Solo’ Ada’ Ma’pasilaga Tedong di Tongkonan To’ Batu, Kecamatan Tondong, Kabupaten Toraja Utara, Senin (7/10/2024).

Danny Pomanto, begitu tampak menikmati tradisi unik dari daerah Toraja itu. Acara adat ini, merupakan salah satu rangkaian upacara pemakaman Alm Paulus Rinda dan Alm Matius Babba Palulun.

“Hari ini saya melihat budaya yang luar biasa, sebuah arena yang luar biasa. Saya biasa melihat arena seperti ini di YouTube, tapi hari ini saya merasakan bagaimana semangat di arena ini yang luar biasa,” kata Cagub Sulsel Danny Pomanto yang ikut ramaikan acara Ada’ Ma’pasilaga Tedong.

Baca Juga: Cagub Sulsel Danny Pomanto Menilai Wisata Halal Kurang Tepat di Toraja

Berdiri di tengah-tengah Ma’pasilaga Tedong, Danny Pomanto disambut dengan teriakan dan sorakan DIA, DIA, DIA, Satu, Satu, Satu dari masyarakat Toraja Utara.

Gemuruh di arena Ma’pasilaga Tedong tambah meriah takkala Danny bersama Calon Wakil Gubernur Azhar Arsyad (DIA) berkomitmen melestarikan budaya dan adat daerah Toraja jika terpilih nantinya.

“Hari ini saya sangat terkesan dengan budaya yang luar biasa, yang kalau kita pertahankan dan kita tingkatkan, maka Tana Toraja, Toraja Utara, dan Diaspora Toraja menjadi sebuah atraksi yang mendunia,” tuturnya.

Baca Juga: Kampanye di 80 Titik, Danny-Azhar Yakinkan Akan Tingkatkan Taraf Ekonomi Masyarakat dan Kurangi Beban Utang Pemprov Sulsel

“Saya sangat mendukung budaya-budaya unggul seperti ini. Tanpa budaya kita tidak ada apa-apanya,” tambah Wali Kota Makassar dua periode ini.

Sebagai wujud perhatiannya terhadap adat dan budaya, Danny membuat pepatah sendiri. Yaitu ‘Belajarlah dari Sejarah, Bergurulah dari Budaya. Tanpa Budaya, Tanpa Sejarah Maka Masa Depan Tanpa Arah’.

“Maka ketaatan budaya harus kita pertahankan. Budaya Toraja dan Toraja Utara adalah puncak budaya yang ada di Sulsel puncak kebanggaan kita semua,” ucapnya.

Baca Juga: Berpresasi Memimpin Makassar, Relawan ‘;F1 Winning Team’ Binamu Rapatkan Barisan Menangkan Danny-Azhar

Jika pasangan DIA terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel 2024, maka dirinya bersama Azhar Arsyad berjanji akan melestarikan dan meningkatkan budaya-budaya yang ada di daerah Toraja.

Pada kesepakatan itu, Danny secara pribadi menyampaikan rasa duka yang mendalam bagi keluarga almarhum. (*)

Exit mobile version