Lomba Pacuan Kuda di Mare, AHB: Tetap Menjaga Kelestarian Budaya dan Tingkatkan Peternak Kuda

BONE, NEWSURBAN.ID – Lomba Pacuan Kuda yang digelar di Kecamatan Mare Kabupaten Bone selama tiga hari berjalan sukses. Lomba pacuan kuda ini di inisiasi oleh sahabat (AHB) Andi Heryanto Bausad yang juga Anggota DPRD Bone.

Di mana pada final juara pada lomba pacuan kuda di Kecamatan Mare didominasi peserta dari Desa Kadai Kecamatan Mare yang berlangsung pada Minggu kemarin.

Ketua Panitia Pacuan Kuda AHB Ardiansyah mengatakan lomba pacuan kuda digelar selama tiga hari, mulai dari 18 Oktober sampai 20 Oktober 2024

“Alhamdulillah, antusias masyarakat untuk menyaksikan lomba pacuan kuda ini sangat tinggi,” ungkapnya.

Ia mengatakan, lomba pacuan kuda ini diselenggarakan tidak sekadar mencari juara belaka, tetapi juga untuk meningkatkan persatuan dan meningkatkan nilai jual kuda.

Baca Juga: Janjian dengan Pacar di Bone, Lelaki Asal Kalimatan Tewas dalam Kamar Penginapan

“Jadi lomba pacuan kuda juga ini diadakan sebagai upaya untuk mempertahankan tradisi warisan kebudayaan warga Bone dalam merawat dan beternak kuda,” kata Ardiansyah.

Sementara itu Anggota DPRD Bone, Andi Heryanto Bausad yang ikut memprakarsai lomba pacuan kuda ini mengapresiasi kerja keras panitia pelaksana dalam mensukseskan acara tersebut.

“Perlombaan berjalan aman dan lancar. Ini tidak lepas dari kekompakan panitia pelaksana,” ucapnya.

AHB sapaan akrab politisi Nasdem ini berharap, lomba pacuan kuda Sahabat AHB ini bisa mendorong semangat peternak kuda dan merawat kuda pacunya.

Kedepannya, Sahabat AHB juga mendorong agar budaya pacuan kuda ini dipromosikan secara masif.

Baca Juga: Kader Gerindra Bone Siap Jalankan Visi Misi Presiden Prabowo

“Semua harus membuka perspektif bersama untuk melihat budaya Pacuan Kuda sebagai potensi ekonomi yang akan memiliki dampak, baik langsung atau tidak langsung bagi perekonomian masyarakat,” kata AHB.


Tercatat dimana ribuan penonton menyaksikan semarak lomba pacuan kuda yang ditutup secara resmi oleh Camat Mare, Andi Hidayat Pananrangi.

Adapun juara 1 pada lomba yang dibagi dua kelompok tersebut yakni kelompok A dan B, masing-masing Bintang Batu Karaeng dari Kadai. Sementara di kelompok B, juara 1 diraih Killa Tabbea bea dari Kadai.

Di Kelompok B ini, juara 1 sampai juara 3 diraih dari Kadai. Termasuk juara harapan 2 atas nama Gunawan yang didatangkan langsung dari Jeneponto. (far/*)

Exit mobile version