MetroNews

Danny Pomanto Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Pengelolaan IPAL Losari

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mendampingi Presiden Joko Widodo resmikan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Losari, di Kawasan Metro Tanjung Bunga Makassar, Kamis, (22/02/2024).

Presiden Jokowi mengatakan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat Losari ini sangat penting untuk mengelola air limbah cair.

Hal itu untuk mewujudkan lingkungan yang ramah, meningkatkan kualitas air tanah dan air baku serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Baca Juga: Danny Pomanto Hadiri Sertijab Komandan Lanal Kendari dan Dansatrol Lantamal VI Makassar

“Saya berpesan dengan beroperasinya sistem pengelolaan air limbah domestik terpusat ini, penanganan air limbah semakin terintegrasi. Kota Makassar semakin bersih dan kualitas lingkungan, kualitas air tanah, kualitas air baku semakin baik dan masyarakat semakin sehat dan produktif,” pesan Jokowi di sela-sela acara, pagi tadi.

Presiden dua periode ini mengungkapkan sistem pengelolaan air limbah ini dibutuhkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

Pun agar memiliki perhatian dan kepedulian bersama-sama mengatasi masalah pencemaran lingkungan di Kota Makassar.

Baca Juga: Wali Kota Danny Matangkan Persiapan Kunker Presiden Jokowi Untuk Resmikan IPAL Losari

Lanjut Jokowi, IPAL Losari di bangun dari tahun 2019-2023 dengan biaya Rp1,2 triliun. Berkapasitas 16.000 m3/hari, panjang perpipaan air limbah 96 km dan bisa melayani 41.000 kepala keluarga.

Danny Pomanto sapaan akrab Ramdhan Pomanto menuturkan pengelolaan air limbah ini menggunakan teknologi paling baru dan kemungkinan inilah tipe yang-dipakai di IKN.

Itu berarti, jelas Danny, sebelum IKN sudah di gunakan di Makassar.

Baca Juga: Danny Pomanto Tekankan Pembangunan Low Carbon di FKP RKPD Makassar 2025

IPAL Losari, rinci Danny, mengcover daerah downtown; daerah-daerah tengah atau pusat kota.

Yang mana sifatnya seperti PDAM, berbayar. Makanya daerah-daerah yang memiliki kemampuan tinggi itu yang-didahulukan.

Sementara daerah yang tidak memiliki kemampuan tinggi telah-dilayani dengan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT). Yang mana sudah terjadwal dan menjadi percontohan di Indonesia.

Baca Juga: Danny Pomanto Resmikan Hotel Hyatt Place Makassar, Sebut Era Baru Makassar

“LLTT yang pakai tangki itu tetap masuk di sini dan di olah di sini. Kombinasi sistem perpipaan bawah tanah dan mobil tangki lumpur tinja itu semua di kelola di sini,” ucap Danny.

Ia berujar, dengan kewajiban 14 ribu sambungan rumah, tahun ini rencananya Pemkot Makassar siap membuat multi utility tunnel yang mana semua kabel, pipa, listrik berada di bawah tanah.

“Kami belajar bagaimana Singapura membuat multi utility tunnel bersama IKN. Kita sudah punya anggaran untuk itu sekaligus dengan sambungan rumahnya,” ujarnya.

Baca Juga: Selaku Ketua Pansel, Pj Sekda Firman Harap Hasil Selter JPTP Pemkot Makassar Mencetak Kepala OPD yang Berkualitas

Dia mengharapkan dengan terbangunnya IPAL Domestik Terpusat ini untuk menjaga kualitas air tanah dan air baku, menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Serta sebagai sarana edukasi peningkatan kesadaran masyarakat terhadap isu pencemaran lingkungan.

Turut hadir mendampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Serta Menteri BUMN Erick Thohir.

Peresmian di lakukan dengan menekan tombol sirene di tandai dengan pembukaan saluran air dan penandatanganan prasasti. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button