NewsSulsel

PKK Gowa Studi Tiru Ke Kota Bekasi, Perluas Wawasan 10 Program Pokok PKK

GOWA, NEWSURBAN.ID — Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa melakukan studi tiru ke Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Rombongan berjumlah 39 orang diterima langsung Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bekasi, Wiwiek Hargono di Command Center Kantor Walikota Bekasi, Selasa (12/9).

Sekretaris TP PKK Gowa, Adriana Djamaluddin menuturkan, studi tiru ini di lakukan tidak lain untuk memperluas wawasan dan sharing pengalaman dalam perencanaan dan pelaksanaan 10 program pokok PKK.

“Kami berkunjung ke Bekasi tidak lain ingin belajar, ingin sharing terkait 10 program pokok PKK, bahkan beberapa akan kami tiru untuk di terapkan di Kabupaten Gowa,” Kata Adriana.

Kata Adriana, selama di Bekasi, TP PKK Gowa di berikan pemaparan program kerja hingga tips meraih penghargaan oleh TP PKK Bekasi.

Baca Juga: Semarakkan HUT Ke-78 RI, TP PKK Gowa Gelar Aneka Lomba

Pada Pokja I, Pola Asuh Anak di Era Digital (PAAREDI) di jalankan PKK Kita Bekasi dengan membentuk gugus di setiap RW.

“Gugus tersebut di bentuk akan menangani beberapa kategori di antaranya balita, anak dan remaja. Jika ada kasus di masyarakat, gugus tersebut yang menindaklanjutinya,” terangnya.

Selain itu, PKK Kota Bekasi membina UMKM dan UP2K yang bekerjasama dengan koperasi, lalu hasilnya di masukkan dalam koperasi. Hingga saat ini sudah ada 10 koperasi yang tersebar di Bekasi.

Sementara untuk Pokja III TP PKK Bekasi punya tips dalam meraih penghargaan baik tingkat provinsi maupun nasional, dengan mengacu pada kerangka penilaian yang di terapkan secara berjenjang.

Baca Juga: Gandeng Dinas PMD Gelar Pelatihan Membatik, PKK Gowa Komitmen Tingkatkan Keterampilan Kader

“Jadi kita di berikan beberapa tips untuk meraih penghargaan. Baik di tingkat provinsi maupun nasional. Dan, ini tentunya membantu kita kedepannya untuk berupaya bisa meraih penghargaan, ” ujarnya.

Sementara untuk Pokja IV PKK Kota Bekasi tengah fokus pada penanganan Stunting. Untuk menunjang itu, dia buat program Pendamping Posyandu Juara (PPJ) dan Pendamping Kader Posyandu.

Sementara itu, Ketua TP. PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan mengatakan, semua program yang di jelaskan oleh TP. PKK Bekasi akan dia coba untuk implementasikan di Kabupaten Gowa. Dan tentunya akan dia sesuaikan dengan kondisi wilayah Kabupaten Gowa.

“Kami kunjungan studi tiru ke TP. PKK Kota Bekasi ini untuk mengetahui apa saja program-program yang bisa kita adopsi di Kabupaten Gowa. Tentunya bertujuan untuk peningkatan Sumber Daya Manusia para kader PKK kita di Gowa. Dan, tentunya tidak lepas dari 10 program PKK,” ujar istri Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan ini.

Baca Juga: Adnan Dorong Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah di Gowa 

Priska berharap dengan adanya kunjungan studi tiru ke Kota Bekasi ini selain mempererat tali silaturahmi. Juga, dia harapkan kedepannya setiap Pokja pada PKK Gowa bisa meningkatkan program kerjanya hingga ke tingkat desa/kelurahan.

Dalam kunjungan studi tiru ini Ketua TP PKK Gowa, Priska Paramita Adnan turut-didampingi Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf dan para pengurus TP PKK Kabupaten Gowa. (af/up)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button