NewsSulsel

Pemprov Sulsel Siapkan Bantuan 18 Unit Kapal Nelayan, Gubernur: 15 Unit Dibuat di Bulukumba

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalokasikan anggaran untuk bantuan  18 unit kapal nelayan untuk Tahun 2023. Dua unit kapal Perikanan 10 GT, 16 unit untuk kapal perikanan 5 GT.

Bantuan 18 kapal nelayan itu, merupakan program prioritas di bawah kepemimpinan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

“Alhamdulillah, tahun 2023 ini kita alokasikan untuk 18 unit kapal nelayan untuk dibagikan kepada kelompok nelayan di beberapa Kabupaten/Kota,” ujarnya.

Baca Juga: Dapat Bantuan Kapal, Nelayan di Bulukumba Berterima Kasih ke Gubernur Andi Sudirman

Untuk pembuatan kapal ini, Pemprov Sulsel mempercayakan di Kabupaten Bulukumba dan Kota Palopo. Sebagian besar, atau 15 unit di antaranya di buat di Kabupaten Bulukumba.

Daerah dengan sebutan Butta Panrita Lopi ini, di kenal sebagai pengrajin kapal Pinisi. Terlebih, Kapal Pinisi dari Sulawesi Selatan juga telah resmi di tetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage) oleh UNESCO beberapa tahun lalu.

Baca Juga: Andi Sudirman Bantu Kapal dan Alat Tangkap kepada Nelayan Kabupaten Selayar

“Pembuatan kapalnya dari pengrajin di Bonto Bahari di Bulukumba. Ini memang pusat industri pembuatan kapal,” jelasnya.

“Di harapkan bantuan kapal ini mendukung peningkatan produksi perikanan tangkap masyarakat nelayan. Bantuan itu, juga di harapkan dapa membantu menggeliatkan perekonomian bagi pengrajin kapal di Bulukumba dan Palopo,” tuturnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button