MetroNews

Tahun 2023, Dekranasda Siap Genjot Pengembangan Kerajinan dan Kesenian

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Makassar melakukan silaturahmi awal tahun di Cafe Mama, Selasa (2/1/2023).

Silaturahmi ini di ikuti oleh Ketua Dekranasda Kota Makassar Indira Yusuf Ismail, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto, serta jajaran pengurus, dan anggota Dekranasda Kota Makassar.

Indira menyampaikan, silaturahmi ini bertujuan untuk membahas rencana Rapat Kerja (Raker) Dekranasda Kota Makassar yang bakal di laksanakan dalam waktu dekat.

Baca Juga : Pengrajin dan Pengusaha Saweran Sepakat Pembuatan Kapal Pinisi di Kantor Satu Atap

“Kami berencana melakukan rapat kerja untuk mengevaluasi kinerja tahun sebelumnya dan menyusun program-program yang bakal di jalankan sepanjang tahun 2023 ini,” ungkap Indira.

Dia menyampaikan, ada banyak rencana program Dekranasda yang bakal di kerjakan. Fokusnya adalah pengembangan usaha kerajinan dan kesenian.

“Kami akan mengupayakan memberikan pelatihan kepada para pengrajin ini agar semakin produktif dan terus memperbarui hasil produksinya,” katanya.

Tak berhenti pada pelatihan semata, Dekranasda juga akan memberikan pendampingan kepada mereka untuk memperluas pangsa pasar produk kerajinan.

Dengan begitu, kreasi unggul yang di ciptakan bisa di pasarkan bukan hanya pada skala lokal, namun juga nasional, hingga internasional.

Untuk mencapai hal itu, lanjut Indira, pihaknya membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak, khususnya Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kota Makassar. Sebab, hal ini juga bertujuan menggiatkan roda perekonomian di Kota Makassar.

Baca Juga : Wajah Bulukumba 2022: Bertabur Penghargaan, Genjot Pembangunan Fisik

“Dekranasda tidak bisa bekerja sendiri tanpa adanya dukungan dari pemerintah kota. Karena untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pengrajin daerah, perlu pembinaan yang baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto berujar bahwa kerja-kerja Dekranasda juga sangat berpengaruh pada kualitas dan kemajuan sebuah kota.

Sebab melalui Dekranasda, para pengrajin yang dominan bergerak pada sektor UMKM bisa di himpun dan dibina secara teratur dan terukur.

“Kalau para crafters kita di bina, dengan usahanya, saya kira itu semua akan membuat kota ini semakin kuat,” jelas Danny, sapaan akrabnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button