NewsSulsel

Disetujui Kemendagri, Tiga Bulan TPP PNS Bulukumba Segera Cair

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Kabar gembira bagi Aparat Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemerintah Kabupaten Bulukumba. Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi ASN atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Bulukumba untuk bulan Januari Februari Maret akan segera cair.

Kepastian pencairan ini setelah adanya surat persetujuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk pembayaran TPP ASN Bulukumba dengan Nomor 900.1.1/7824/Keuda tentang Persetujuan Tambahan Penghasilan Pegawai (ASN) tanggal 30 April 2024 yang ditandatangani oleh Plh Dirjen Bina Keuangan Daerah, Dr. Horas Panjaitan.

Dalam surat tersebut disampaikan bahwa Persetujuan Tambahan Penghasilan Kepada Pegawai ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah, dengan alokasi anggaran Tambahan Penghasilan Pegawai ASN yang tercantum dalam APBD Kabupaten Bulukumba Tahun Anggaran 2024 sebesar Rp161.389.230.771,00.

Baca Juga: Disetujui Mendagri, Pejabat Bulukumba Kembali Dilantik

Total nilai TPP tersebut berdasarkan validasi Kemendagri dengan menetapkan Nilai Beban Kerja sebesar Rp39.214.805.755,00, Kondisi Kerja sebesar Rp1.724.759.032,00 dan Kelangkaan Profesi sebesar Rp65.425.285,00

Dalam pemberian TPP, Pemerintah Daerah diwajibkan berpedoman pada hasil validasi Kementerian Dalam Negeri dan memperhatikan pertimbangan persetujuan Kementerian Keuangan, yaitu: Dalam hal capaian reformasi birokrasi pemerintah daerah kurang dari 50% (lima puluh persen), segera mempercepat proses reformasi birokrasi untuk meningkatkan kinerja layanan dan efisiensi belanja.

Memperhatikan kelas jabatan dan besaran tunjangan kinerja ASN Pusat, untuk meminimalisir ketimpangan dalam memberikan TPP.

Baca Juga: PKK Bulukumba Open Donasi Korban Bencana Banjir, PT Amaly Group Bantu 10 Ton Beras

Secara bertahap, alokasi belanja pegawai dilakukan efisiensi agar tidak melampaui 30% (tiga puluh persen) dari total belanja daerah, termasuk di dalamnya alokasi TPP dengan berpedoman pada ketentuan Pasal 146 Undang- Undang Nomor 1 Tahun 2022.

Kabid Humas Diskominfo Andi Ayatullah Ahmad menyampaikan bahwa tahun ini terjadi penyesuaian terhadap nilai TPP di setiap OPD yang tadinya hanya menggunakan dua indikator yaitu Beban Kerja, Kelangkaan Profesi, kini ditambah lagi satu indikator yaitu Kondisi Kerja.

“Karena tambahan indikator ini maka Dokumen Pelaksanaan Anggaran di OPD juga harus mengalami penyesuaian dengan melakukan perubahan DPA,” ungkap Andi Ayatullah Ahmad.

Baca Juga: Refleksi Hardiknas 2024 Bulukumba: Transformasi Pendidikan di Era Harapan Baru

Setelah dilakukan revisi melalui SK parsial, lanjutnya maka pihak Badan Keuangan Daerah akan melakukan pembayaran TPP untuk tiga bulan bagi OPD yang telah menyelesaikan revisi DPA-nya.

“Pencairannya akan segera dilakukan jika OPD sudah melakukan penyesuaian indikator TPP,” imbuhnya.

Diketahui permohonan persetujuan tersebut sebagai balasan dari Surat Sekretaris Daerah Kabupaten Bulukumba Nomor 193/625/BKAD tanggal 19 April 2024 Hal Permohonan Persetujuan Tambahan Penghasilan kepada Pegawai ASN Tahun Angaran 2024 yang diajukan melalui situs/tautan sipd.kemendagri.go.id, sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 900-4700 Tahun 2020 tentang Tata Cara Persetujuan Menteri Dalam Negeri Terhadap Tambahan Penghasilan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Daerah. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button