NewsSulsel

Pj Gubernur Bahtiar Tinjau Pabrik Pengolahan Keripik Pisang Loka Sidenreng

SIDRAP, NEWSURBAN.ID – Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin dan Wakil Ketua DPRD Sulsel Syaharuddin Alrif, melakukan kunjungan ke pabrik pengolahan keripik pisang Loka Sidenreng yang berada di Desa Damai, Kecamatan Watang Sidenreng, Kabupaten Sidrap, Sabtu, 25 November 2023.

Dalam sehari, usaha yang-dikelola oleh kelompok tani ini menggunakan 10 tandang pisang dan memproduksi hingga 300 bungkus keripik pisang. Di jual dengan harga Rp10.000 di tempat pengolahan dan di pasarkan Rp12.500 di pasar termasuk ke mini market.

“Dari harga Rp50 ribu satu tandang akan menghasilkan Rp250 ribu,” jelas Syaharuddin Alrif yang juga merupakan pembina kelompok tani di desa ini dan beberapa desa sekitarnya saat kunjungan ke pabrik pengolahan keripik pisang loka.

Baca Juga: Makna Hari Guru Nasional Bagi Pj Gubernur Bahtiar

Pabrik pengolahan ini juga menjadi tempat bagi mahasiswa untuk di ajarkan budidaya pisang. Mulai panen pisang, pasca panen sampai pengolahan, serta pengemasan.

“Bahan pisang kepok itu semua dalam satu lahan dari satu tempat dan keluar seperti ini sebuah produk,” kata Dosen Teknologi Hasil Pertanian Universitas Muhammadiyah Sidrap, Andi Nurwida, yang juga turut hadir serta melakukan penelitian di tempat ini.

Bahtiar Baharuddin mengaku di suguhkan banyak kejutan dengan kunjungan di desa ini. “Kita di suguhkan banyak kejutan berkat peranan Pak Syaharuddin Alrif sebagai agen perubahan di masyarakat,” ucapnya.

Dalam waktu tiga tahun, ada lahan 120 hektare yang tadinya hanya penuh dengan alang-alang. Kini, di ubah dari lahan tidak produktif menjadi produktif dan salah satunya dengan menanam pisang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button