NewsSulteng

Wow, 5000 Bibit Durian Akan Ditanam di Sulteng

PALU, NEWSURBAN.ID — Sebanyak 5000 bibit durian akan ditanam di Sulawesi Tengah (Sulteng) tahun ini. Program penanaman 5000 bibit durian di Sulteng ini, dalam rangka HUT ke-78 kemerdekaan RI.

Menurut Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) ikut mendukung. Bahkan, kata Gubernur Rusdy Mastura, Kemenkomarves akan menyerahkan 3000 bibit durian kepada Pemprov Sulteng untuk mendukung program tersebut.

Selain dari Kemenkomarves lanjut gubernur, ada investor berencana menanam 2000 bibit durian di Sulteng.

Baca Juga: Rusdy Mastura Lantik 12 Pejabat Tinggi Pratama Pemprov Sulteng

“Saya lagi mencari lahan untuk(ditanami) durian,” kata gubernur mengabarkan berita bahagia ini di tengah pembukaan expose produk pertanian tahun 2023, di halaman kantor Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Sulteng pada Selasa pagi (8/8).

Kegiatan ini, dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-78 dan di mulai dari Selasa hingga Kamis (10/8).

Dengan kegiatan ini tambah gubernur semoga dapat meningkatkan daya saing komoditi hortikultura Sulteng di pasar global sekaligus memulihkan ekonomi pascabencana 2018 dan pandemi Covid-19.

Baca Juga: Offroad Rusdy Mastura Adventure Digelar, Offroader Apresiasi Gubernur Sulteng

Termasuk untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakat yang terus meningkat tiap tahunnya.

“Sektor pertanian dan perkebunan harus terus berupaya untuk memenuhinya ke depan,” tandas gubernur terkait tantangan hortikultura di masa depan.

Sementara Kadis TPH Sulteng Nelson Metubun, SP mengatakan bahwa tujuan expose di antaranya untuk memperkuat kelembagaan pemasaran di tingkat petani.

“Peserta (expose) dari petani, kelompok tani, UMKM, instansi vertikal, perbankan, BUMN dan lainnya sebanyak 88 peserta,” ucap Beliau dalam laporan ke gubernur.

Baca Juga: Rusdy Mastura Beberkan Potensi Wisata Sulteng di Forum Wisata Tempo-Kemenparekraf

Selain itu untuk menanamkan budaya bertani sejak dini khususnya pada usia anak maka dalam kegiatan ini,digelar lomba mewarnai dan menggambar bertema, “Ayo Bertani”

Serta lomba lainnya seperti TPH idol bagi pejabat dan ASN lingkup Dinas TPH Sulteng yang hobi bernyanyi dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-78.

Acara di meriahkan penampilan drum band dan peninjauan stan pameran oleh gubernur bersama rombongan.

Nampak hadir Kepala Biro Administrasi Pimpinan Eddy N. Lesnusa, S.Sos dan pejabat terkait. (ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button