NewsSulteng

Sejumlah Musisi dan Penyanyi Gelar Aksi Bang di Kota Palu

PALU, NEWSURBAN.ID — Sejumlah musisi dari berbagai band dan penyanyi solo mengikuti gelar Asik Bang (Aksi Musik Anak Bangsa) di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Pesertanya dari kalangan pemuda, pelajar, mahasiswa, bahkan hingga dosen. Mereka ikut Aksi Bang di Kota Palu dengan penuh antusias menampilkan bakat terbaiknya.

Gelar Aksi Bang tersebut sengaja di gelar Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Forum Koordinasi Penanggulangan Terorisme (FKPT) Sulawesi Tengah. Kegiatan itu, sebagai programnya untuk membangun spirit kebangsaan kepada pemuda-pemudi Indonesia demi memperkuat rasa cinta kepada tanah air.

Baca Juga: Jaga Keindahan Kota Dispertan Kota Palu Tertibkan Reklame Tak Berizin

Bahkan, lagu ataupun musik yang dipentaskan dalam ajang tersebut mengusung tema kebangsaan. Selain berbekal keahlian dalam bakatnya, para peserta harus mampu menjiwai karakter kebangsaan yang kuat dalam diri mereka.

Ketua FKPT Sulawesi Tengah, Nur Sangaji, mengatakan, hal itu penting di lakukan, terutama bagi para pemuda penerus bangsa.

“Sehingga mereka menjadi penangkal yang paling utama berhadapan dengan isu-isu yang merusak persatuan dan kesatuan. Yang bersifat radikal, dan berbagai macam problem. Seperti terorisme, korupsi, narkoba, dan lain sebagainya. Pokoknya yang mengancam eksistensi bangsa ini,” jelasnya.

Baca Juga: Jadi Narasumber Digital Talent Scholarship Thematic Academy, Kadis Pendidikan Kota Palu: Pendidik Harus Melek Teknologi

Sementara itu, Wali Kota Palu yang di wakili Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti, S.Sos, M.M,. Menyambut baik inisiasi gelar musik tersebut. Menurutnya, Kota Palu memerlukan peran para pemuda sebagai entitas mayoritas dalam masa bonus demografi saat ini.

“Kita semua berkeyakinan bahwa para pemuda akan mampu mentransfer semangat toleransi. Dan anti radikalisme dalam menghadapi berbagai tantangan kehidupan bangsa,” ujarnya saat membuka kegiatan tersebut di salah satu Coffe Kota Palu, Jumat (21/7/2023).

Salah satu wujud semangat pencegahan terorisme, katanya, dapat di lakukan dengan memunculkan kesadaran di kalangan pemuda.

Baca Juga: Hadianto Rasyid Teken Kerja Sama dengan Pusat Rekreasi Milenium Waterpark Palu 

“Bahwa kemajuan bangsa dalam mencapai kesejahteraan dan keadilan sosial menuju kota Palu yang bermartabat. Dengan tetap mempertahankan idiom lokal ‘Masintuvu Kita Maroso, Morambanga Kita Marisi’. Artinya bersatu kita kuat bercerai kita runtuh,” pungkasnya.

Pemenangnya nanti akan di berikan hadiah uang tunai senilai Rp2 juta sampai dengan Rp3 juta. Dan juga akan di berangkatkan di Jakarta untuk mengikuti Asik Bang tersebut pada tingkat nasional. Mereka akan berhadapan dengan para pemenang dari masing-masing wilayah se-Indonesia.

Menariknya, acara yang digagas oleh BNPT, FKPT Sulteng berkolaborasi dengan Universitas Tadulako di hadiri Rektor Untad, Prof. Dr Ir Amar, ST.,MT, IPU.,ASEAN Eng,. Dan penampilan khusus The Gils Band yang personilnya para Profesor Untad. (ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button