MetroNews

Tarik Tambang IKA Unhas Incar Rekor MURI, Libatkan Lima Ribu Orang

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Lomba Tarik Tambang IKA Unhas (Ikatan Alumni Unhas) bakal memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Pelantikan Pengurus IKA UNHAS Sulawesi Selatan yang-diketuai Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto), pada 19 Desember di Hotel Four Point by Sheraton.

Lomba Tarik Tambang IKA UNHAS Sulawesi Selatan bakal memecahkan Rekor MURI sebagai permainan tradisional yang akan melibatkan 5.000 peserta.

Baca Juga: Hadirkan Pius Lustrilanang, YARI dan IKA Unhas Bedah Buku Aldera

Di jadwalkan, perlombaan berlangsung di Jalan Jenderal Sudirman pada 18 Desember 2022, pukul 06.00 wita. Peserta akan membentangkan tali dengan panjang 1.540 meter.

“Inilah lomba tarik tambang terpanjang di Indonesia dengan panjang tali 1.540 meter dan akan melibatkan 5.000 orang peserta,” kata Wakil Ketua Pengurus Wilayah IKA UNHAS Sulsel Rahmansyah, Sabtu (17/12/2022).

Ia menjelaskan 5.000 peserta merupakan gabungan dari alumni UNHAS dan warga Kota Makassar.

Mereka terbagi menjadi dua tim, yakni Tim A dan Tim B. Masing-masing tim terdiri lebih dari 2.500 orang.

Kata dia, Tim A titik awalnya berada di Perempatan Jalan Sudirman – Jalan Ahmad Yani. Yakni di depan RSIA Pertiwi.

Baca Juga: Rudianto Lallo Siapkan Seragam Pengurus IKA Unhas Makassar

Sedangkan Tim B depan PT Sangyangseri Jalan Ratulangi ke titik tengah depan RSIA Pertiwi Jalan Jenderal Sudirman.

“Yang sudah mendaftar dari masing-masing kecamatan sudah sekitar 6.000 orang. Kami berharap besok para peserta datang tepat waktu, 40 menit sebelum acara,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua IKA UNHAS Sulawesi Selatan Danny Pomanto menjelaskan Lomba Tarik Tambang adalah jenis olahraga dan kreasi rakyat yang tiap tahun di adakan di setiap moment peringatan HUT RI.

Kata Danny Pomanto, Lomba Tarik Tambang sangat di gemari oleh masyarakat hampir di semua titik wilayah di negeri ini, dari Sabang sampai Marauke.

Baca Juga: Danny Hadiri IKA Unhas AAS Cup 1 2022: Olahraga Jadi Sarana Silaturahmi Perkuatan Alumni

“Lomba Tarik Tambang mengajarkan kita tentang makna dari kekompakan, gotong royong, kebersamaan, dan solidaritas. Ini merupakan contoh konkret inisiatif untuk menguatkan kolaborasi,” ucap Danny Pomanto.

Rencananya, rekor tersebut akan di berikan oleh perwakilan dari MURI kepada Danny Pomanto selaku Ketua IKA Unhas.

Pada kesempatan itu, Danny Pomanto akan-didampingi oleh Ketua PP IKA UNHAS Amran Sulaiman dan di saksikan Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button