Tolak Presiden 3 Periode, Mahasiswa UIN Makassar Demonstrasi Tutup Jalan dan Bakar Ban

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Tolak Presiden 3 periode Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar, Sulawesi Selatan menggelar aksi unjuk rasa, Sabtu (9/4) sore. Mahasiswa juga tegas menolak penundaan pemilu, dan kenaikan harga-harga.

Mahasiswwa UIN menjalankan aksinya dengan membakar ban dan menutup Jalur trans Sulawesi di Jalan Sultan Alauddin.

Aksi demonstrasi tolak Presiden 3 periode ini, mereka gelar saat masyarakat tengah pulang ke rumah mempersiapkan menanti waktu berbuka puasa. Akibat aksi ini, jalan Sultan Alauddin, Kota Makassar, sempat macet.

Baca Juga: Tolak Jokowi 3 Periode, NGO Antikorupsi Bersama Mahasiswa Turun ke Jalan

Koordinator lapangan Muhammad Arya Dwi Madaprama mengatakan, masa jabatan presiden telah di atur dalam undang-undang.

Menurutnya, perpanjangan masa jabatan presiden itu, sama saja melanggar konstitusi.

Ia juga mengatakan, wacana itu, tidak seharusnya di lontarkan tiba-tiba di tengah banyak permasalahan sosial yang terjadi saat ini.

“Kami dengan tegas menolak penundaan Pemilu, karena wacana itu hanya menimbulkan polemik,” kata Arya.

Baca Juga: Tolak Penundaan Pemilu dan Kenaikan Harga, Kelompok Cipayung Plus Gelar Aksi Demo

Selain itu, massa juga menolak kenaikan harga minyak goreng. Meski di sebut karena faktor global, Arya mengatakan Indonesia punya sumber daya alam yang begitu besar. Sehingga kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng mestinya tidak terjadi.

Massa menuding, ada sekelompok orang yang memanfaatkan kelangkaan minyak goreng demi kepentingan masing-masing. Karena itu, mahasiswa menuntut aparat menyelidiki hal itu dan menindak tegas siapa pun pelakunya.

“Di balik kelangkaan minyak goreng ini, kami yakin ada mafia yang bermain. Maka itu, kami menuntut segera usut kasus mafia minyak goreng ini sampai tuntas,” ujarnya.

Baca Juga: Kritik Klaim Luhut Soal Tunda Pemilu 2024, Adian Napitupulu: Jangan Semena-mena Klaim Kehendak Rakyat

Di lokasi aksi unjuk rasa, terlihat pihak kepolisian melakukan pengamanan. Aksi mahasiswa UIN Makassar itu berakhir aman dan kondusif.

Aksi serupa sebelumnya di gelar di sejumlah daerah, Kamis (4/4). Mahasiwa di sejumlah daerah mulai bergerak menggelar aksi demo sebelum di Jakarta pada 11 April mendatang.

Di sejumlah daerah seperti, Bogor, Semarang, Palembang dan Tasikmalaya mahasiswa juga mulai turun ke jalan. Tuntutannya hampir sama, soal penolakan wacana Presiden 3 periode dan penundaan Pemilu 2024. (cr/*)

↑
Exit mobile version