176 Pramuka Gowa Ikut Seleksi Jambore Nasional

GOWA, NEWSURBAN.ID — Sebanyak 176 Pramuka dari perwakilan 18 Kwartir Ranting (Kwarran) wilayah Kabupaten Gowa saling berkompetisi dalam seleksi Jambore Nasional XI Tahun 2022 di Bumi Perkemahan HM Yasin Limpo Cadika, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Sabtu (14/5).

Peserta dalam kegiatan ini adalah Pramuka penggalang yang telah memenuhi syarat minimal Penggalang Rakit dengan total peserta putra sebanyak 72 orang, putri 73 orang, pendamping putra 17, dan pendamping putri 14 orang.

“Pramuka yang hadir disini adalah perwakilan Pramuka Penggalang terbaik dari Kwarran masing-masing dan kalian semua adalah yang terbaik di Kabupaten Gowa. Berkompetisilah secara sehat dalam seleksi ini,” ujar Wakil Bupati Gowa sekaligus Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kwarcab Gowa, H Abd Rauf Malaganni saat membuka kegiatan seleksi Jambore Nasional XI Tingkat Kwarcab Gowa.

Baca Juga: Bupati Adnan Dorong Program Gerakan Pramuka Lebih Inovatif dan Ikut Perkembangan Zaman

Wakil Bupati Gowa dua periode ini meminta kepada para pembina dan pelatih yang di tunjuk sebagai tim seleksi. Untuk melakukan penilaian dengan seadil-adilnya dan sejujur-jujurnya. Karena peserta yang hadir saat ini adalah penentu nasib bangsa dan Kabupaten Gowa 10-20 tahun yang akan datang.

“Kita adalah Pramuka yang di serahi amanah untuk melanjutkan kepemimpinan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Maka lewat Jambore Nasional dan kegiatan kepramukaan lainnya, kita bersama-sama mempersiapkan diri untuk melanjutkan pembangunan,” terangnya.

Lanjut Karaeng Kio’ sapaan akrabnya, Dasa Darma pertama menunjukkan bahwa Pramuka adalah insan yang berketuhanan. Dan sebagai orang Islam, meyakini kalau kita melakukan segala sesuatunya dengan bersandar kepada Allah SWT. Maka lakukanlah dengan kekuatan “Bismillah” maka pasti akan-diridhai dan-diberkahi Allah SWT.

Baca Juga: Perkokoh Eksistensi, Bupati Adnan Dorong Revitalisasi dalam Gerakan Pramuka

“Hal ini seiring dengan tujuan Jambore Nasional XI Tahun 2022 yakni membentuk sikap dan perilaku, meningkatkan kemandirian; keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang. Serta komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka yaitu Satya dan Darma Pramuka,” sambungnya.

Lanjutnya, saat ini Pemerintah Kabupaten Gowa telah mendorong pembinaan Gerakan Pramuka. Dengan melakukan pembangunan dan penataan Bumi Perkemahan HM Yasin Limpo sebagai Pusat Pendidikan Gerakan Pramuka di Kab. Gowa yang pembangunannya di lakukan secara bertahap hingga 2024 nanti.

“Setelah seleksi Jambore Nasional ini tentu akan kita lanjutkan dengan kegiatan berikutnya. Seleksi Jamnas ini bukan hanya untuk ke Jamnas saja. Tapi jadikan seleksi ini sebagai tempat membina diri menuju Pramuka Garuda. Dan mudah-mudahan suasana terus membaik dan Jambore Cabang bisa kita laksanakan pada tahun ini,” pungkasnya.

Baca Juga: Adnan Harap Prajurit Divif 3 Kostrad Jiwai Karakter 3 Pahlawan Nasional Asal Gowa

Sementara itu, Ketua Panitia Seleksi Jambore Nasional XI Kwarcab. Gowa, Mulyadi Mahmud mengatakan bahwa materi seleksi yang-dilakukan nantinya berupa seleksi administrasi; Tes wawasan kepramukaan, tali temali, sandi, isyarat semapor dan morse, LKBB; Jelajah alam, tes bakat, serta tes wawasan

“Tujuan di bentuknya gerakan kepanduan ini sebagai pembentukan karakter pemuda telah di bangun secara turun-temurun. Sehingga Gerakan Pramuka terus memberikan kontribusi nyata dalam proses pembangunan nasional. Salah satu ajang pembentukan karakter tersebut adalah di Jambore Nasional,” tuturnya.

Sebagai informasi, Pramuka yang lolos pada seleksi ini nantinya akan mengikuti Jambore Nasional XI di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta. Untuk mewakili Kwarcab Gowa pada tanggal 14-21 Agustus 2022 mendatang. (ps/ar)

Exit mobile version