Gubernur Rusdy Mastura Lantik Rudy Dewanto Sebagai Pj Sekrov Sulteng

PALU, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, resmi melantik Dr. Rudy Dewanto, SE, MM, sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah (PJ Sekprov Sulteng), Senin, 1 Agustus 2022.

Setelah Resmi melakukan Pelantikan Pj Sekprov Sulteng Dr. Rudy Dewanto, SE, MM, Gubernur berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri Nomer 821/4354/SJ tanggal 27 Juli 2022 hal persetujuan Penunjukan Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.

Usai melantik, Gubernur Rusdy mengucapkan selamat kepada Rudi Dewanto selaku Pj. Sekretaris daerah yang baru. Yang mana sebelumnya telah menjabat sebagai Plt. Sekretaris daerah Provinsi Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Invstasi Awal Tahun Tembus Rp20 T, Gubernur Rusdy Mastura Apresiasi Kinerja DPMPTSP Provinsi Sulteng

Dengan peningkatan status jabatan ini, Gubernur berharap menjadi momentum Dr. Rudy Dewanto untuk bekerja lebih produktif. Terkhusus dalam rangka memantapkan koordinasi dan komunikasi dengan jajaran OPD dan stakeholder pembangunan dan pemerintahan. Sampai dengan dilantiknya sekretaris daerah provinsi yang definitif.

Gubernur juga menyampaikan, Pj. Sekretaris daerah mempunyai tugas-tugas strategis yang di antaranya menerjemahkan konsep dan gagasan. Juga, menjadi pemikir kepala daerah untuk-dituangkan ke dalam program kebijakan “gerak cepat menuju sulawesi tengah yang lebih sejahtera dan lebih maju”. “Di samping itu, apabila kepala daerah-diumpamakan sebagai otak, maka saudara merupakan jantungnya,” ujar Rusdy.

“Kalau jantung berdenyut cepat, maka dipastikan aktivitas organ-organ yang lain, yaitu seluruh OPD dan ASN, akan meningkat pesat. Sehingga kinerjanya berjalan optimal dan memuaskan, akan tetapi jika denyut jantung pelan dan lambat. Maka pertanda organ-organnya sedang istirahat. Sehingga kinerja OPD dan ASN dapat disimpulkan biasa-biasa saja, atau bahkan kurang memuaskan,” tutur Gubernur.

Baca Juga: Gubernur Rusdy Mastura Ajak Pengurus Iluni UI Sulteng Bersama Pemprov Membangun Sulawesi Tengah

Untuk itu, Gubernur menaruh harapan kiranya Pj. Sekda yang baru dapat menjadi teladan. Menciptakan inovasi dan mendorong ekosistem kerja yang produktif di seluruh OPD dan ASN. Terutama, tugas terdekat saat ini, ialah untuk mengawal pelaksanaan tahapan seleksi jabatan tinggi madya sekretaris daerah provinsi sulawesi tengah. Yang telah-dibuka mulai hari ini, 1 agustus 2022, dapat berjalan dengan akuntabel dan transparan, guna mendapatkan figur birokrat terbaik. Untuk mengisi jabatan sekretaris daerah yang Defenitip yang telah kosong selama hampir 2 tahun lamanya.

Pada Kesempatan Itu Gubernur meminta kepada OPD dapat Mengoptimalkan Kinerjanya untuk dapat meningkatkan pertumbuhan Pembangunan di Sulawesi Tengah.

Gubernur menyampaikan bahwa prioritas kita adalah agar terus meningkatkan Fiskal Daerah , Kalau Fiskal Daerah kita sudah tinggi semua program kerja kita untuk Pembangunan, Pengurangan angka Kemiskinan dan Stunting dapat kita wujudkan.

Baca Juga: Pacu Kawasan Pangan Nasional di Sulteng, Begini Keinginan Gubernur Rusdy Mastura

Gubernur sampaikan saat ini kita bersyukur angka kemiskinan sudah menurun 1 % , Gini Rasio sudan membaik dan Pertumbuhan Pembangunan Sulawesi Tengah , Bertumbuh baik bisa mencapai 11,70% .

Selanjutnya kata Gubernur, saat ini Perusda sudah dapat menyumbang untuk peningkatan Pendapatan Daerah yang selama ini Merugi saat ini dapat menyumbang PAD sebesar 120 M.
Kedepan Kita berharap Fiskal daerah kita bisa meningkat hingga 2-3Triliun.

Pelantikan PJ. Sekda Dr. Rudy Dewanto , SE,MM,dihadiri Oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Ir. H. Faisal Mang, MM , Yang Sebelumnya Menjabat Pj. Sekda Provinsi Sulawesi Tengah yang-diusulkan kembali tapi sehubungan dengan batas umur sesuai ketentuan tidak mendapat persetujuan dari Kemendagri dan-dihadiri Kepala OPD Provinsi Sulawesi Tengah. (bap/ysf)

Exit mobile version