MetroNews

Danny Pomanto Bicara Pemimpin Peradaban pada Peluncuran Buku Karya Prof Aminuddin Ilmar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) bicara mengenai Pemimpin Peradaban pada peluncuran buku Kepemimpinan Pemerintahan karya Prof Aminuddin Ilmar.

Ia mengatakan ada empat kategori pemimpin. Pertama, pemimpin proyek. Kedua, pemimpin politik, pemimpin negarawan, dan pemimpin peradaban.

Dia melanjutkan, pemimpin proyek hanya memikirkan satu tahun jabatannya, pemimpin politik hanya memikirkan lima tahun kekuasaannya sedangkan negarawan memikirkan masa depan negaranya hingga 25 tahun.

Baca Juga: Rayakan Ultah ke-60, Danny Pomanto Ungkap Kebahagiaan Bersama Indira Yusuf Ismail

Lebih jauh, sosok pemimpin yang terbaik ialah peradaban memikirkan masa depan negaranya lebih jauh lagi, melebihi batas umurnya.

“Sosok pemimpin peradaban yang jangkauan pikirannya mencapai 100 tahun ke depan,” kata Danny Pomanto sapaan akrabnya pada sela-sela acara, di Hotel Arya Duta, Rabu, (31/01/2024).

Selain itu, yang terpenting baginya ialah mendidik para birokrat menjadi pemimpin terbaik di masa depan. Yang mana mampu bekerja dalam badai.

Baca Juga: Pj Sekda Makassar, Doakan Keberkahan Usia di Ulang Tahun Wali Kota Danny Pomanto

Ibarat bekerja dan berjalan di dalam badai dengan payung. Payung tida mampu menahan badai tetapi kita bisa berjalan atau bekerja dalam badai.

“Jadi saya mendidik birokrat Makassar seperti itu, tahan terhadap badai, hadapi badai, bekerja dengan baik dengan kehati-hatian,” ucapnya.

Itulah kata dia, salah satunya ada dalam buku karya Prof. Aminuddin Ilmar itu. Makanya pesannya mesti menjadi pembelajaran bagi semua pihak.

Baca Juga: Danny Pomanto Instruksikan SKPD Optimalkan Serapan Anggaran dan PAD

Di samping itu, dalam sisi religiusitas, ia mengutip hadis Rasulullah yang mengatakan setiap orang adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban.

Dari sini kita tahu bahwa kepempimpinan itu ada di setiap diri seseorang.

Yang mana ciri-ciri pemimpin itu sederhana yakni dia bisa memimpin diri sendiri dan merupakan orang yang disiplin. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button