MetroNews

Bentuk Peduli Danny Pomanto dan Dandim Letkol Inf Lizardo Gumay Cegah Makassar dari Banjir, Turun ke Kanal Bersihkan Sampah

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) mengawali akhir pekannya dengan bersih-bersih kanal, Sabtu (9/12/2023) pagi.Β Bikin takjub, Danny Pomanto bersama Dandim 1408/Makassar Letkol Inf Lizardo Gumay turun langsung ke kanal untuk bersihkan sampah yang ada di sepanjang Kanal Andi Djemma.

Di jajaran pemerintah kota, Danny Pomanto didampingi Camat Mamajang Ari Fadli dan Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air dan Drainase Dinas PU Makassar Nur Hidayat.

“Saya bersama pak Dandim dan teman-teman dari Brimob, seluruh Forkopimda, keluarga besar Kodim 1408 dan pemerintah kota mulai camat, lurah, dan masyarakat hari ini bersama-sama turun di kanal membersihkan sampah sebagai semangat kita untuk menjaga kebersihan dan semangat kita untuk Makassar bebas banjir,” kata Danny Pomanto disela-sela membersihkan Kanal Andi Djemma.

Baca Juga:Β Tito Karnavian Puji Danny Pomanto Terapkan Layanan Publik Berbasis Metaverse

Aksi bersih-bersih ini merupakan inisiasi Kodim 1408/Makassar atas arahan Panglima Kodam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso di bawah kepemimpinan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Karenanya itu, Danny Pomanto mengapresiasi aksi bersih-bersih sebagai bentuk kepedulian TNI AD berkolaborasi dengan Pemkot Makassar menjaga kebersihan kanal agar terbebas dari sampah.

“Kami bangga dengan pak Dandim dan semua keluarga besar Kodim 1408. Kami juga bangga dengan Pangdam yang membuat masyarakat terus bersemangat menjaga kotanya menjadi jauh lebih bersih, meningkatkan kesadaran kebersihannya, dan Insya Allah menjadi Kota Terbaik di Indonesia,” tuturnya.

Baca Juga:Β Danny Pomanto Siapkan Dua Model Operasi Pasar Kendalikan Inflasi di Makassar

Danny Pomanto berharap aksi bersih-bersih ini bersama seluruh TNI/Polri, Pemkot Makassar mulai dari Camat, Lurah, Satgas Kebersihan. Dan seluruh masyarakat menjadi awal dari gerakan untuk menjaga Indonesia dari banjir dan sampah. Dengan mengandalkan kekompakan, khususnya di Makassar.

“Insya Allah ini menjadi awal dari gerakan kita, kebersamaan kita dan kekompakan kita, untuk menjaga Indonesia dari banjir dan sampah. Dengan mengandalkan kekompakan, khususnya di Makassar,” ujarnya.

Apalagi saat ini, lanjut Danny Pomanto sudah memasuki musim penghujan. Sehingga ia ingin memastikan kanal dan drainase betul-betul berfungsi 100%.

Baca Juga:Β Wali Kota Danny Pomanto Terima Penghargaan Kota Sehat Kategori Padapa dari Menkes

“Maka dengan itu tugas kita ada dua. Pertama dengan kesadaran yang tinggi bagaimana agar sampah-sampah kita bersihkan bersama-sama. Kedua, mari kita menegur kepada siapa saja yang membuang sampah sembarang tempat,” ucapnya.

Sementara, Dandim 1408/Makassar Letkol Inf. Lizardo Gumay mengatakan aksi bersih-bersih ini melibatkan 2.000 orang untuk membersihkan kanal di beberapa titik di Kota Makassar.

“Kita harapkan dengan awal ini sesuai dengan perintah bapak KSAD melalui Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen. TNI Totok Imam Santoso untuk Makassar bebas banjir untuk Indonesia,” tutupnya. (*)

Cek berita dan artikel lain diΒ Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button