NewsSulsel

Pemkab Gowa-Bulog Mulai Salurkan Bantuan Cadangan Pangan Beras Tahap II

# Upaya Tangani Dampak Kekeringan Akibat El Nino

GOWA, NEWSURBAN.ID — Sebagai upaya dalam mengatasi kekeringan akibat El Nino yang berdampak terhadap produksi pertanian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa bersama Perum Bulog Makassar mulai melakukan penyaluran bantuan cadangan pangan beras tahap II kepada 58.773 Kelompok Penerima Manfaat (KPM) di Halaman Kantor Bupati Gowa, Senin (11/9).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan situasi saat ini sedikit mengkhawatirkan. Pasalnya Bencana El Nino yang memicu terjadinya kondisi kekeringan berdampak pada produksi pertanian sehingga jauh mengalami penurunan termasuk beras.

“Saat ini cadangan beras pemerintah sekitar 58 persen berdasarkan hasil identifikasi yang dikeluarkan oleh badan pangan. Sehingga berdasarkan instruksi presiden maka hari ini kita melakukan penyaluran cadangan beras sampai tiga bulan ke depan (Desember),” ungkapnya.

Baca Juga: Adnan Tegaskan PPPK Gowa Harus Bekerja Sesuai Perkembangan Zaman

Apabila hal ini berlanjut kata Adnan, seluruh pemerintah provinsi hingga kabupaten/kota diminta melalui APBD dan Biaya Tak Terduga (BTT) untuk menambahkan bantuan beras agar diberikan kepada masyarakat kita di wilayah masing-masing.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan mengidentifikasi lokasi pertanian yang bisa meningkatkan produksinya, begitupun lokasi atau lahan yang terjadi kekeringan untuk membuat sumur bor bekerjasama dengan TNI.

“Nanti kita kerjasama dengan TNI, karena dan ada program dari Angkatan Darat dan Divisi Kostrad. Untuk pembuatan sumur bor memakai BTT di lokasi-lokasi yang terdapat kekeringan esktrim,” jelas orang nomor satu di Gowa ini.

Baca Juga: Ratusan Pegawai PPPK Pemkab Gowa Terima SK, Di dominasi Tenaga Kesehatan 

Bupati Adnan meminta SKPD terkait untuk mengawal penyaluran tersebut agar tepat sasaran. Sekaligus di lakukan pendampingan oleh Kejari, sehingga penyaluran berjalan dengan baik.

“Kita akan lihat datanya apakah ini sudah mencukupi kepada KPM yang mendapatkan penyaluran. Kalau memang masih terjadi kekurangan pemerintah siap menambahnya memakai BTT dan APBD Kabupaten Gowa. Sehingga semuanya bisa mendapatkan penyaluran bantuan. Dengan demikian  kekeringan yang kita khawatirkan tidak terlalu di rasakan oleh seluruh lapisan masyarakat kita yang ada di wilayah kabupaten Gowa,” harap Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini.

Sementara Pemimpin Cabang Perum Bulog Makassar, Karmila Hasmin Marunta mengatakan penyaluran hari ini untuk bagi Kecamatan Somba Opu. Yang nantinya akan berlanjut kepada kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Gowa.

Baca Juga: Pemkab Gowa Komitmen Berikan Jaminan Sosial bagi Pekerja Miskin Rentan

“Khusus hari ini kita salurkan ke Somba Opu sebanyak 5.124 KPM atau 51.240 kg. Karena setiap KPM akan mendapatkan 10 kg perbulannya,” ungkapnya.

Adapun total KPM yang menerima penyaluran bantuan ini sebanyak 58.773 KPM dengan total beras 587.730 kg. Di mana setiap bulannya seluruh KPM terdaftar akan menerima bantuan cadangan beras sebanyak 10 kg.

Turut hadir pada kegiatan ini Dandim 1409 Gowa, Letkol INF. Muhammad Isnaeni Natsir, Kepala Kejaksaan Negeri Gowa, Yenni Andriani, Kadis Sosial Kabupaten Gowa, Firdaus, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Gowa, Muhammad Fajaruddin. Serta, Kepala Bagian Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setkab Gowa, Muh Amin. (nh/up)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button