NewsNusantaraPeristiwa

Warga Bandung Tumpah Padati Jalan Menuju Pemakaman Eril

BANDUNG, NEWSURBAN.ID — Sejumlah warga memadati jalan menuju lokasi pemakaman Eril, putra Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Pantauan di lokasi, antusiasme warga itu bahkan hingga ke pintu masuk menuju areal pemakaman.

Sejumlah Pelajar SMA terlihat berbaris di sepanjang Jalan Raya Banjaran Pangalengan Kabupaten Bandung, sejak pukul 07.00 WIB. Mereka membawa bunga, bendera kertas merah putih, dan bendera kuning.

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Maaf, Pengantar Jenazah Eril ke Pemakaman Di batasi

 

Ratusan warga pun memadati pintu masuk menuju lahan areal pemakaman di Desa Geger Beas, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

Areal pemakaman itu berada di tanah kosong yang menjorok ke dalam. Sejumlah tenda untuk tamu undangan-dipasang di sejumlah lokasi di areal lahan kosong.

Beberapa pejabat pemerintah setempat bahkan telah tampak berada di area pemakaman keluarga Ridwan Kamil itu. Di antaranya terlihat Wakil Bupati Bandung Syahrul Gunawan.

Baca Juga: Jenazah Eril Tiba di Kampung Halaman, Kota Bandung “Menangis”

Meskipun demikian, warga tak diperbolehkan masuk ke area pemakaman. Pihak keluarga Ridwan Kamil sebelumnya telah menyatakan bahwa prosesi pemakaman akan-diprioritaskan untuk keluarga.

Masyarakat yang ingin berziarah, akan-dipersilakan setelah prosesi pemakaman usai. Pihak keluarga akan membuka lokasi itu untuk umum hingga sepekan ke depan.

Ridwan beserta keluarga akan mengantarkan jenazah Eril dari Gedung Pakua menuju lokasi pemakaman pada pukul 09.00 WIB. Rombongan dijadwalkan tiba di areal pemakaman pukul 10.00 WIB.

Baca Juga: Amankan Penyambutan Jenazah Eril di Soetta, 120 Aparat Gabungan Diturunkan

Eril meninggal setelah hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022. Dia-ditemukan pada Rabu, 8 Juni 2022, pukul 06.50 waktu setempat di Bendungan Engehalde, sekitar enam kilometer dari titik dia-dinyatakan hilang.

Polisi Bern memastikan jenazah itu adalah Emmeril Kahn Mumtadz setelah melakukan tes DNA. Ridwan Kamil terbang menuju Swiss pada Kamis, 9 Juni 2022.

Jenazah Eril bersama Ridwan Kamil terbang ke Indonesia pada Sabtu pagi, 11 Juni 2022 waktu Swiss. Mereka tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Ahad sore, 12 Juni 2022 dan langsung menempuh jalan darat menuju Bandung.

Baca Juga: Ridwan Kamil Ikut Lakukan Pencarian Eril di Sungai Aare Swiss

Sesampainya di Bandung, jenazah Eril-disemayamkan di Gedung Pakuan yang merupakan rumah dinas Gubernur Jawa Barat. Ridwan Kamil dan keluarga sempat membuka akses kepada masyarakat untuk mendoakan dan menyalatkan Eril pada malam tadi hingga pagi ini. Lokasi Pemakaman Eril nantinya akan di bangun sebuah masjid bernama Al Mumtadz. (bs/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button