NewsSulsel

DiskominfoSP Gowa Ajak KIM Tingkatkan SDM dalam Pengelolaan Informasi

GOWA, NEWSURBAN.ID – Dinas Komunikasi Informastika Statistik dan Persandian (DiskominfoSP) Kabupaten Gowa ajak Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) tingkatkan SDM dalam pengelolaan informasi. KIM merupakan mitra pemerintah dalam menyebarluaskan informasi ke masyarakat melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi perlu tingkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolaan informasi.

Hal itulah yang mengacu Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa menggelar Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tahun 2023 di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Jum’at (1/12).

Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten Gowa, Firman Djamaluddin yang membuka kegiatan ini mengatakan, KIM merupakan program dari Kementerian Komunikasi Informatika RI yang diimplementasikan oleh seluruh instansi pemerintahan yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Pemkab Gowa Berangkatkan 21 Orang Untuk Ibadah Umrah

“Kelompok Informasi Masyarakat ini dijalankan dengan maksud mewujudkan masyarakat yang aktif dan peka akan informasi media komunikasi dua arah dengan menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok lainnya agar bisa saling memberdayakan salah satunya dalam mengumpulkan, mengelola dan menyebarluaskan informasi,” jelasnya.

Lanjutnya, melalui KIM masyarakat diberdayakan guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingan kebijakan pemerintah dalam melanjutkan informasi kebijakan dan pembangunan agar tidak terjadi kesenjangan informasi.

“Kegiatan ini diikuti oleh berbagai kalangan yakni diantaranya dari Karang Taruna, PKK Gowa, UKM dan kelompok tani yang ada di Kabupaten Gowa, sehingga diharapkan informasi yang disampaikan bisa menjangkau banyak orang,” tambahnya.

Baca Juga: Pj Sekda Gowa Harap Re-Akreditasi Puskesmas Somba Opu Paripurna

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DiskominfoSP) Kabupaten Gowa, Arifuddin Saeni menjelaskan, kehadiran kelompok masyarakat mengikuti sosialisasi ini menunjukkan komitmennya yang begitu tinggi terhadap peningkatan penyebarluasan informasi kepada masyarakat.

“Saya berharap keikutsertaan para kelompok masyarakat ini bukan hanya didasari oleh kewajiban semata, tetapi benar-benar membekali diri dalam memberikan informasi yang benar dan akurat kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Gowa,” ungkapnya.

Menurut Arifudin Saeni, KIM memiliki tujuan sebagai mitra pemerintah dalam penyebarluasan, sosialisasi dan diseminasi informasi pembangunan kepada masyarakat juga sebagai mediator komunikasi informasi pembangunan secara timbal balik dan berkesinambungan serta menjadi forum media untuk pelayanan komunikasi dan informasi pemerintah dan pembangunan.

Baca Juga: Pemkab Gowa Gandeng Andera Science Coorporate Tingkatkan Kemampuan Service Excelent Pegawai MPP Gowa

“KIM berfungsi sebagai sarana informasi antar anggota KIM, dari KIM kepada pemerintah, dan dari pemerintah kepada masyarakat. KIM juga berfungsi sebagai mitra dialog dengan pemerintah dalam merumuskan kebijakan publik sarana peningkatan literasi di bidang informasi dan media massa yang memiliki nilai ekonomi,” tambahnya.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 30 orang peserta dari kalangan kelompok masyarakat ini diharapkan bisa memberikan informasi yang baik dan benar dalam upaya penyebarluasan informasi kepada masyarakat dapat menjadi kenyataan. (AF/*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button