Bencana AlamNewsSulsel

Bantu Korban Banjir dan Longsor, PMI Sulsel Turunkan Relawan Evakuasi Warga

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Bantu korban bencana banjir dan tanah longsor menimpa beberapa daerah di Sulawesi Selatan, PMI Sulsel turunkan relawan evakuasi warga. Banjir dan longsor terjadi di Kabupaten Luwu, Sidrap, Wajo dan Enrekang, sejak Jum’at (4/5) kemarin.

Sebagai upaya tanggap darurat, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan dengan cepat menurunkan para personil atau relawannya yang tersebar di daerah terdampak untuk membantu evakuasi masyarakat.

“Ini menjadi duka mendalam bagi seluruh pihak, begitupun dengan kami di PMI sebagai salah satu organisasi sosial kemasyarakatan. Sehingga PMI sejak kemarin langsung turun membawa kebutuhan darurat masyarakat, serta para relawan turun langsung membantu mengevakuasi masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga: 12 Ribu Warga Terdampak Banjir di Wajo, Water Treatment Dihadirkan untuk Penuhi Kebutuhan Air Bersih

Ia berharap kejadian ini bisa segera berlalu dan korban maupun masyarakat yang terdampak bisa melaluinya dengan tabah dan sabar.

“Mari kita saling mendoakan dan menguatkan agar bencana ini bisa dilalui oleh saudara-saudara kita disana,” harap Adnan yang juga Bupati Kabupaten Gowa.

Sementara Kepala Markas PMI Sulsel, Achmad Syarif Sadi mengatakan sejak Jum’at kemarin, PMI Sulsel telah mengirimkan beberapa paket hygiene kit (perangkat kebersihan) kepada wilayah terdampak termasuk menunrunkan para relawan di wilayah tersebut untuk turun langsung melakukan aksi evakuasi warga yang terdampak.

Baca Juga: Koordinasi dengan Polda Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Kirim Bantuan ke Latimojong Luwu Gunakan Helikopter

“Melalui gudang regional PMI Sulsel kami telah mengirimkan bantuan 30 paket hygiene kit di Kabupaten Sidrap,. 50 paket hygiene kit di Kabupaten Wajo, dan 100 paket hygiene kit di Kabupaten Luwu. Bantuan ini, sebagai respons awal dari PMI. Kita terus berkoordinasi dengan berbagai pihak khususnya para relawan kita di sana agar terlibat langsun dalam aksi kemanusiaan ini,” katanya.

Tak hanya itu, PMI Sulsel juga telah berkoordinasi dengan Kalla Rescue untuk dukungan perahu karet sebanyak dua unit. Agar proses evakuasi warga bisa berjalan dengan maksimal.

“Kami terus menunggu perkembangan situasi di lokasi. Di mana saat ini para personil relawan PMI sedang melakukan assesment agar dapat membuat rencana aksi yang baik dan tepat sasaran. Apalagi di Luwu kurang lebih enam kecamatan yang terdampak aksesnya belum tembus. Insya Allah jika hari ini tembus maka akan di lakukan rencana selanjutnya,” sebutnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulsel Kunjungi Titik Banjir Terparah di Luwu

Adapun personil relawan yang turun langsung yakni personil dan relawan PMI Wajo 15 orang personil dan relawan PMI Luwu 40 orang. Di tambah peesonil dan relawan PMI Palopo yang ikut membantu Kabupaten Luwu 18 orang personil. Dan relawan PMI Sidrap 14, serta personil PMI Sulsel 6 orang sehingga total relawan yakni 93 orang.

Bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di beberapa daerah di Sulawesi Selatan. Ini akibat curah hujan yang sangat tinggi menyebabkan meluapnya air dari beberapa sungai. Sedikitnya karena bencana tersebut terdapat 8 orang meninggal dunia yakni di Kabupaten Luwu tujuh orang dan Kabupaten sidrap satu orang. (nh/*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button