InternasionalNasionalNews
Trending

TNI AL Kunjungi Keluarga Surya Hidayat Pratama yang Disandera Milisi Al Houthi di Yaman

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — TNI AL di Makassar dalam hal ini Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar mengunjungi keluarga Surya Hidayat Pratama. Surya merupakan salah satu WNI yang menjadi Chief Officer ABK Rwabee di kapal kargo milik Uni Emirat Arab (UEA). Kini, ia dalam sandera pembajak milisi Al Houthi di Perairan Kegubernuran Al Hudaida-Yaman, Senin (10/01/2022).

Kunjungan ini, merupakan wujud kepedulian TNI AL dalam hal pendampingan kepada keluarga ABK yang berkebangsaan Indonesia ini.

Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP, menugaskan Komandan Tim Intelijen (Dantim Intel) Lantamal VI Letkol Laut (P) Dedi Andriyatno. S.H., untuk mendapatkan informasi dari pihak keluarga ABK tersebut.

Baca Juga: Lantamal VI dan Lapetal Gelar Pelatihan Seleksi Calon Prajurit TNI AL

“Atas dasar laporan yang kami terima di Lantamal VI Makasar, dengan cepat kami mencari informasi dengan pihak terkait dan segera mendatangi rumah keluarga dari Sdr. Surya-Hidayat-Pratama yang beralamat di Jalan Cendrawasih Lr. 07 No. 9,” ujar Dantim Intel Lantamal VI.

“Alhamdulillah, setelah kami sampai di rumah keluarga Surya Hidayat Pratama. Sang istri bernama Sri Rahayu dan Ibu kandung Surya Hidayat Pratama bernama Haerana menyambut kami,” kata Dantim Intel Lantamal VI ini.

“Maksud kedatangan ke rumah keluarga ABK yang-disandera ini merupakan bentuk partisipasi TNI AL. Dalam upaya penyelamatan WNI yang-ditahan dalam bentuk pendampingan keluarga. Dan, penyampaian informasi secara cepat dan bertanggung jawab dalam bentuk komunikasi secara intensif dengan Atase Pertahanan Laut di Arab Saudi,” sambung Dantim Intel Lantamal VI.

Baca Juga: Danny Kunjungi Keluarga Korban Tersandera Pembajak Milisi Al Houthi Yaman

Sri Rahayu menuturkan bahwa kondisi suaminya tersebut sekarang dalam kondisi baik-baik saja. Dan saat ini suaminya sudah berada di hotel yang berada di Yaman dan-diperlakukan dengan sangat baik.

Ia mendapatkan kabar terakhir pada Minggu, 9 Januari 2022 pukul 21.00 Wita. Sri Rahayu mendapat kabar langsung melalui hubungan komunikasi telepon dari Surya Hidayat Pratama yang masih berada di Yaman.

Istri dari Surya Hidayat Pratama ini, juga telah berupaya berkomunikasi dengan pihak Kemenlu. Juga dengan kedutaan Oman. Dan, sampai saat ini masih menunggu proses lebih lanjut kepulangan Surya Hidayat kembali ke Indonesia.

Baca Juga: TNI AL Kerahkan Kapal Perang Distribusi Bantuan Korban Gempa di Pulau Terluar Selayar

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak TNI AL atas perhatiannya memberikan informasi tentang kondisi suami saya. Saya berharap suami saya dapat cepat kembali pulang ke Makassar dan berkumpul bersama keluarga lagi,” ujar Sri Rahayu.

Sementara Dedi Andriyatno, mengatakan TNI AL bersama instansi terkait saling berkoordinasi untuk membantu pembebasan sandera. Dia berharap, Surya Hidayat Pratama bisa segera kembali ke Indonesia.

“Kami dari TNI AL bersama instansi terkait akan saling berkoordinasi untuk membantu proses pembebasan ini agar Sdr. Surya Hidayat Pratama bisa segera kembali ke Indonesia”, tutup Letkol Laut (P) Dedi Andriyatno. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button