NewsSulsel

Lepas Kirab Santri, Bupati Bulukumba: Hari Santri bukan milik santri semata, namun milik kita semua

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Ratusan kirab santri dari 12 pondok pesantren yang ada di Bulukumba berkumpul di Lapangan Pemuda Bulukumba, Sabtu 21 Oktober 2023.

Para santri ini membentuk barisan sesaat sebelum melaksanakan Kirab Santri dengan berjalan kaki di seputaran kota Bulukumba dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2023.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bulukumba H. Misbah menyampaikan Kirab Santri digelar dalam rangka memperingati HSN. Peserta terdiri dari santri dan santriwati, para pembina atau guru pondok pesantren dan jajaran Kementerian Agama Bulukumba.

Baca Juga: Persiapkan Sistem Satu Data Bulukumba, Diskominfo dan Persandian Gelar Coaching Clinik

“Ada sekitar 900 santri dan santriwati yang hadir mengikuti Kirab Santri ini ditambah dengan dewan pembina dan guru,” ungkap H. Misbah.

Dikatakan dalam menyambut hari santri ini, pihaknya juga menggelar berbagai kegiatan lomba dan seni. Sementara puncak peringatan Hari Santri Nasional akan dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober di Pondok Pesantren Babul Kalumeme.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Bulukumba, Bupati Andi Muchtiar Ali Yusuf menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan Kirab Santri tersebut sebagai wadah mempersatukan dan menjalin kebersamaan dalam momentum Hari Santri Nasional.

“Tentu momentum ini juga akan memberikan semangat bagi anak-anak santri kita di Bulukumba, oleh karena kita dapat memperingati hari santri dengan semarak dan riang gembira,” kata Andi Utta sapaan akrabnya sebelum melepas peserta Kirab Santri.

Baca Juga: Tari Kajang Bulukumba Warnai Perayaan Hari Jadi Sulsel ke 354

Lebih lanjut dikatakan bahwa peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, namun hari santri adalah milik kita semua, dan milik seluruh warga masyarakat Bulukumba.

Pada momentum tersebut Kementerian Agama Bulukumba bersama Pemerintah Kabupaten Bulukumba melakukan Penandatanganan Kerjasama dengan di berbagai bidang, diantaranya bidang Pendidikan dan keagamaan, bidang kemasyarakatan dan sosial, maupun bidang pemberdayaan perempuan dan anak.

Untuk diketahui tema Hari Santri Nasional tahun 2023 adalah Jihad Santri Jayakan Negeri. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button