NewsSulsel

Ribuan Peserta Defile Ramaikan Expo Dekranasda Kreatif Andalan 2023 di Wajo

WAJO, NEWSURBAN.ID – Ribuan peserta defile dari 24 kabupaten kota di Sulawesi Selatan dan sejumlah organisasi wanita meramaikan Expo Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kreatif Andalan 2023 di RTH Callaccu, Kabupaten Wajo, Rabu, 9 Agustus 2023.

Para peserta tampil semarak berbalut pakaian adat tradisional dari daerah masing-masing. Mereka melintasi panggung kehormatan yang dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dan Ketua Dekranasda Sulsel Naoemi Octarina sambil menampilkan yel-yel untuk menarik hati dewan juri.

Ada yang menari, menyanyi hingga fashion show. Peserta dengan penampilan terbaik kemudian akan mendapatkan hadiah oleh Gubernur.

Baca Juga: Lestarikan Kuliner Khas Wajo, Dekranasda Sulsel Gelar Lomba Nanre Sokkoreng

Ketua Dekranasda Sulawesi Selatan Naoemi Octarina mengatakan Dekranasda ingin turut melestarikan sutera sebagai warisan leluhur. Wajo pun di pilih sebagai tuan rumah karena jadi sentra pembuatan sutera.

“Sesuai tema, kita ingin mengembalikan kejayaan sutera. Dan ini adalah kain yang sering di gunakan masyarakat Sulsel sebagai kebanggaan,” ujarnya.

Expo Dekranasda yang di rangkaikan dengan pawai defile ini juga baru pertama kali di gelar. Naoemi berharap kegiatan seperti ini di gelar tiap tahunnya untuk mempromosikan hasil kerajinan di setiap daerah.

Baca Juga: Dekranasda Sulsel Pamerkan Sejumlah Kerajinan Unggulan Sulawesi Selatan di MNEK 2023

Sementara, ketua panitia, Uswatun Hasanah mengatakan Expo Dekranasda Kreatif Andalan 2023 merupakan kegiatan strategis Dekranasda Provinsi Sulsel berkolaborasi dengan dekranasda Kab. Wajo dalam mengembalikan heritage atau warisan budaya tinggi masyarakat Sulsel. Khususnya masyarakat Bugis Sengkang yang telah ada sejak abad 14 hingga saat ini pada bidang tenun sutera.

“Kita berfokus untuk menumbuh kembangkan kreativitas dalam aspek desain dan corak produk berbasis tenun sutera yang bersifat kekinian. Tanpa harus meninggalkan kekhasan corak dasar produk tenun sutera sulawesi Selatan yang telah berlangsung turun temurun,” ungkapnya.

Dengan demikian di harapkan tenun sutera Sengkang di harapkan sejajar dengan tenun sutera terbaik dunia. Seperti tenun sutera China, India dan Dubai Emirat Arab.

Baca Juga: Dekranasda Sulsel Bekerjasama Dinas Koperasi UKM Sulsel Beri Pelatihan Vocational UKM Perempuan

Adapun kegiatan Expo Dekranasda Sulsel 2023 berlangsung sejak tanggal 8 hingga tanggal 10 Agustus 2023 dan di ikuti 21 kontingen.

Kegiatan ini juga di semarakkan dengan penampilan fashion show cilik, peluncuran sutera dan sajadah Andalan. Hingga gerak dan lagu dari ratusan anak PAUD di Kabupaten Wajo. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button