NewsSulsel

Penanaman 10 Juta Pohon, Menko PMK Muhadjir Effendy Terima Kasih ke Pj Gubernur Bahtiar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, menyampaikan terima kasihnya kepada Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, pada pelaksanaan Penanaman 10 Juta Pohon Serentak di Seluruh Indonesia, yang dilaksanakan di Mapolda Sulsel, Rabu, 15 November 2023. Muhadjir hadir secara virtual pada acara tersebut.

Muhadjir berterima kasih kepada Pj Gubernur Bahtiar, yang telah membuatnya mencoba buah sukun Provinsi Sulsel. Buah sukun khas Kecamatan Lapri, Kabupaten Bone itu diakuinya sebagai salah satu buah yang enak dan gurih.

“Bapak Gubernur Sulsel, jangan lupa buah sukunnya itu enak sekali, itu dari Sulawesi Selatan,” kata Menko PMK saat Pj Gubernur Bahtiar dan Kapolda Sulsel.

Baca Juga: Atasi Kekeringan Ekstrem, Pemprov Sulsel Semai 10 Ton NaCl untuk Datangkan Hujan

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, menyampaikan terimakasih kepada Kapolda Sulsel dan seluruh Forkopimda Sulsel sudah ikut berpartisipasi dalam penanaman sepuluh juta pohon.

“Terimakasih kepada Bapak Kapolda Sulsel dan seluruh Forkopimda Sulsel, terus menanam pohon untuk dinikmati, baik buahnya maupun untuk kebutuhan wisata,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan salam kepada warga Sulsel, khususnya Universitas Hasanuddin (Unhas) dan berharap bisa sama-sama menyukseskan program penanaman sepuluh juta pohon tersebut.

Baca Juga: Dorong Peningkatan PAD, Pemprov Sulsel Genjot Perda PDRD

“Salam untuk teman-teman di Unhas Pak Gubernur. Kita harapkan setelah di tanam, kita tengok lagi. Ini kewajiban kita setelah tanam harus di rawat. Mungkin itu yg bisa saya sampaikan kepada kita semua,” tuturnya.

Kapolda Sulsel, Irjen Pol. Setyo Boedi Moempoeni Harso, menyampaikan, saat ini Mapolda Sulsel dan seluruh Mapolres dan Polsek se-Sulsel sudah melakukan penanaman ribuan pohon berbagai jenis.

“Kami akan melakukan penanaman yang dari berbagai macam jenis pohon di satuan masing-masing, mulai dari Mapolda sampai Mapolsek,” ujarnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Bahtiar Tandatangani MoU Pembentukan Tim Terpadu Pelayanan Hukum Kejati Sulsel

Yang paling penting, katanya, saat ini Pemprov Sulsel di bawah kepemimpinan Pj. Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menjalankan program Budidaya Pisang di hampir 500.000 hektare lahan di Sulsel.

“Izin menyampaikan bapak, saat ini Bapak Gubernur Sulsel ada program penanaman satu miliar pohon pisang yang akan-dilakukan Pemprov Sulsel,” ungkapnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mengaku, buah sukun dari Kecamatan Lapri, Kabupaten Bone tersebut, sangat renyah dan empuk. Baik untuk di masak maupun di goreng. “Baik Bapak (Menko PMK) kami akan siapkan lagi. Itu sukun dari Lapri, Kabupaten Bone, Bapak Menteri,” ucapnya.

Di ketahui, pohon sukun banyak di tanam masyarakat Sulsel karena mampu menyimpan cadangan air. Pohon sukun bisa mencegah kekeringan dalam jangka waktu yang panjang. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button