NewsSulsel

Adnan Nilai Dengan Ber-Pramuka Ciptakan SDM yang Unggul

Hadiri Pelepasan Kontingen Sulsel Menuju Raimuna Nasional dan Peringatan Hari Pramuka

GOWA, NEWSURBAN.ID Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyebut pramuka merupakan organisasi pendidikan karakter yang akan membantu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di masa yang akan datang.

Hal ini diungkapkan saat dirinya menghadiri Apel Besar pelepasan Kontingen Daerah Sulsel untuk mengikuti Raimuna Nasional sekaligus Memperingati Hari Pramuka ke-62 tahun, di Lapangan Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Senin (7/8).

“Pramuka ini adalah pendidikan karakter, jika kita ingin membangun SDM yang lebih baik maka pramuka ini perlu ditingkatkan di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Baca Juga : Danny Pomanto Dorong Peningkatan Pelayanan RSUD Daya, Rebut Kembali Akreditasi Paripurna

Adnan menyebut, di Kabupaten Gowa sendiri pihaknya sedang membangun Bumi Perkemahan Cadika sebagai miniatur dari Buper Cibubur, dimana telah dianggarkan sebesar Rp 5 miliar pada tahap pertama tahun lalu, dan tahun ini sebesar Rp 10 miliar.

“Insyaallah nantinya jika ingin berkegiatan pramuka khusus di Indonesia Timur, tidak perlu datang ke Buper Cibubur, Jakarta, tapi cukup datang ke Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan,” sebut orang nomor satu di Gowa itu.

Selain itu, dirinya yang juga Wakil Ketua Kwarda Pramuka Sulsel, menyampaikan Raimuna Nasional adalah kegiatan lima tahunan berskala nasional dari Gerakan Pramuka yang menjadi impian setiap anggota pramuka penegak dan pramuka pandega yang akan diikuti oleh sekitar 25.000 anggota pramuka se-Indonesia.

“Kegiatan ini berlangsung mulai 12-21 Agustus, dimana Kwarda Sulsel memberangkatkan sebanyak 1.017 peserta terdiri dari pramuka penengak dan pandega yakni 504 putra, 470 putri, 24 pembina pendamping dan 19 dokter dari masing-masing Kwartir Cabang,” sebutnya.

Sementara Gubernur Sulsel yang juga Ketua Mabida Pramuka Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan orang-orang yang mengikuti pramuka selalu mencari tantangan, bahkan organisasi ini bisa disegala medan.

Baca Juga : Melalui Diklat, Kapasitas Personil Damkar Bulukumba Ditingkatkan

“Sesuai dengan dasadharma pramuka, anak2 kita yang ikut memiliki kedisiplinan tinggi, mentalitas yang kuat. Sehingga jadi anak pramuka harus berbangga karena mental itu bisa terbentuj sejak siaga, penggalang hingga penegak,” jelasnya.

Olehnya ia berharap, seluruh peserta Kontingen Sulsel yang ikut pada Raimuna Nasional ini bisa menjadi pemimpin cerdas dan memiliki moral kepimipinan dengan akhlak yang baik.

Pada Apel Besar ini, turut diikuti Wabup Gowa, Abd Rauf Malaganni, Dandim 1409 Gowa, Kapolres Gowa, dan masing-masing dari Kwartir Cabang se-Sulawesi Selatan. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button