MetroNewsParlemen

Rudianto Lallo Fasilitasi Willy Aditya Eks Aktivis 98 Berbagi Bertemu Mahasiswa

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo kembali memfasilitasi eks aktivis 98 (1998) berbincang dengan organisasi mahasiswa di Makassar.

Jika sebelumnya menghadirkan Pius Lustrilanang yang memberikan orasi terkait reformasi dihadapan peserta jalan sehat, kali ini Willy Aditya yang juga mantan aktivis 98 yang memberikan pemikirannya dihadapan aktivis mahasiswa di Makassar.

Melalui acara Bincang Tokoh bersama Willy Aditya yang juga saat ini anggota DPR RI dari NasDem, yang digelar di Baruga Karaeng Matoayya, Rujab Ketua DPRD Makassar, Jl Hertasning Makassar, Rabu (21/6/2023) malam.

Baca Juga: Momentum 25 Tahun Reformasi, Rudianto Lallo Kobarkan Semangat Perubahan

Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo mengatakan alasan menggelar diskusi antara mahasiswa dengan tokoh eks aktivis 98 ingin memberikan edukasi bagi mahasiswa sebagai kaum intelektual tentang dinamika kebangsaan.

“Ya Saya mau mencoba mengedukasi anak-anak kita adik-adik kita yang memilih jalan sebagai aktivitas kampus,” ungkar RL akronim Rudianto Lallo.

Bincang tokoh-dipandu Susuman Halim lalu-diikuti peserta dari para organisasi kemahasiswaan, aktivis Cipayung, PMKRI, HMI, KNPI, LMND, GMNI, LIDMI, NU, Muhammadiyah, IKA Alumni Unhas Makassar.

“Yah kampus saya undang, dari pertama ini tentang kebangsaan saya coba menjadi fasilitator di sini, di markas masing-masing bilamana ada tokoh nasional tokoh pergerakan selama ini-dikenal publik-dikenal oleh adik-adik kita datang ke Makassar,” jelasnya.

Dengan bincang tokoh ini, kata RL barangkali ada ilmu gagasan ide yang mau-ditransfer kepada adik-adik mahasiswa.

“Yang dapat memberikan energi, gerakan, bagi adik adik kita, anak-anak kita aktivis kampus di Makassar seperti yang terjadi kita diskusi bersama saling berbeda pendapat kita mau memulai dari sini rumah rakyat (rujab). Apalagi kebetulan saya juga aktivis jadi baguslah,” tuturnya.

Baca Juga: Gubernur Andi Sudirman Resmikan Sekretariat IKA SMAN 6 Makassar, Rudianto Lallo Ucapkan Terima Kasih

Dalam materi diskusi dari Willy Aditya menyampaikan suka tidak suka, senang tidak senang Makassar adalah episentrum gerakan.

“Yang namanya gerakan cuman memiliki spirit yang sama, spirit yang berlawan. Kalau 98 itu lebih kepada freedom of expression (kebebasan berekspresi),” kata Willy.

“Teman-teman bisa bayangkan bagaimana magisnya teriakan salam demokrasi, hidup demokrasi. Itu begitu magis sekali, begitu digdaya sekali. Tapi sekarang itu jadi hampir-hampir tidak ada artinya, ngga bergetar gitu yah, kalau kita kutip Tan Malaka itu kan. Kalau kau tergetar hatimu melihat penindasan berarti kau sahabatku,” ucap Willy di hadapan mahasiswa.

Willy melanjutkan setiap anak zaman memiliki tantangannya. Bahwasanya ’98’ mematahkan gerakan mahasiswa sebelumya.

Sejauh mana hasil pasca reformasi 1998? Kata Willy adalah salahsatunya partai politik yang saat ini-dibentuk mengawal kesejahteraan rakyat.

“Kalau soal apa capaian reformasi, partai politik itu anak kandung dari reformasi. Kedua kebebasan pers, sebagai pilar demokrasi,” ungkapnya dan masih panjang lagi ulasannya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button