MetroNewsPariwisata

DPD AMPUH Sulawesi Melatih Staff PPIU & BPW Mengenai PPH 21 & PPH 25

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – DPD AMPUH Sulawesi mengadakan pelatihan pelaporan PPH 21 & PPH 25 kepada 24 staff travel agen yang berlokasi di Lokalin CafĂ©, Kota Makassar.

24 peserta berasal dari sejumlah travel umrah (PPIU) dan travel wisata (BPW) diataranya: PT. Randa Azzahrah Alharamain, PT. Barakka Karunia Wisata, PT. Dzakiyah Tour Travel, PT. Aulia Khansa Wisata, PT. Aisyah Nursari Berkah, PT. Mesona Indah Wisata, PT. Amanah Dakwah Mandiri Berkah, PT. Rahayu Wisata Haramain, PT. Nurfalah Mubarak Ilahi, PT. Ukhuwah Haramain wisata, PT. Ihsan Ali Wisata, PT. Zatha Insan Wisata, PT. Nahda Wisata Haramain, PT. Al Yasin Jaya Haramain, PT. Alshafwa Indonesia Wisata, pada hari Ahad 10 Desember 2023.

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Sismawardi -Owner dari PT. Nurfalah Mubarak Ilahi- selaku perwakilan dari DPD AMPUH Sulawesi. “Kegiatan ini penting untuk mengedukasi para staff mengenai tata cara laporan pajak pribadi dan Perusahaan, agar senantiasa taat aturan perpajakan yang berlaku” ujarnya

Pada kesempatan yang sama, Owner Randa Travel, yakni Ibu Andi Nurmaedah, S.H. juga mengemukakan bahwa “pelatihan pelaporan pajak pribadi maupun pajak Perusahaan sangat penting mengingat kegiatan ini merupakan rutinitas tahunan oleh para pengelola Perusahaan. Pelaporan pajak dapat menjadi salah satu instrument dalam menilai Perusahaan tersebut apakah pengelolaannya sehat atau tidak”.

Narasumber pelatihan pelaporan pajak PPH 21 & PPH 25 ini adalah Basri Baharuddin, S.E., CTR., selaku praktisi dari travel umrah yang memiliki kompetensi bidang certified tax and reporting (CTR). “pelaporan pajak pribadi dan Perusahaan pada dasarnya mudah dilakukan, karena sudah terdapat instrument pelaporan pajak secara online via DJP online. Jumlah pajak yang dibayarkan -jika ada- cukup mengacu pada hasil perhitungan yang terdapat pada eform, sehingga cukup mengisi saja eform berdasarkan laporan keuangan Perusahaan” ujarnya.

Kedepannya, DPD AMPUH Sulawesi akan rutin melaksanakan pelatihan untuk level staffing agar dapat membantu karyawan dalam penyelesaian tugas pokok dan fungsinya. Pelatihan-pelatihan yang akan diadakan berbasis pada unit-unit kerja dari travel agen tersebut, seperti: basic reservation ticket, apply sertifikat IATA, manajemen travel umrah, pengoperasian OSS RBA, pencatatan dan pembukuan Perusahaan, human capital resource, administrasi tour operation, dsb. Pelatihan-pelatihan tersebut nantinya diharapkan dapat meningkatkan standar pengelolaan travel agen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button