NewsSulsel

Jelang Hari Jadi Bone ke-693, Bupati Andi Fahsar Berziarah di Makam Raja-raja

BONE, NEWSURBAN.ID – Pemerintah Daerah (Pemkab) Bone melakukan ziarah makam Raja Bone Ke-15 Arung Palakka Petta Malampe’e Gemme’ na, To’ Appatunru Paduka Sri Sultan Sa’ad ud-din Matinroe Ri Bontoala Jl. Bonto Biraeng, Katangka, Kec. Somba Opu, Kabupaten Gowa, Rabu 15 Maret 2023.

Kunjungan itu dipimpin Bupati Bone DR. H. Andi Fahsar M. Padjalangi, didampingi Ibu Ketua TP PKK Bone Hj. Kurniati bersama rombongan Pemda Bone, serangkaian Hari Jadi Bone Ke-693.

Selain ziarah makam Arung Palakka, rombongan juga berziarah makam Sultan Hasanuddin di gowa, makam raja Bone A. Mappanyukki di TMP Panaikang. Kemudian rombongan mengakhiri lawatannya di makam raja Bone ke-22 La temmasonge’.

Baca juga: Wabup Gowa Sambut Kunjungan Bupati Bone di Makam Raja Arung Palakka

Bupati Bone Andi Fahsar mengungkapkan, ziarah makam raja-raja Bone merupakan rangkaian HJB tiap tahun rutin kita laksanakan. Katanya, di momentum ini merupakan ziarah makam raja Bone di periode terakhirnya.

Andi Fahsar berharap jalinan sinergitas antara Bone dan Gowa bisa terus di pererat. “Tahun ini peringatan HJB kita laksanakan begitu panjang. karena bertepatan dengan bulan suci ramadan. Puncak HJB kita gelar 6 Mei mendatang,” jelasnya.

Rangkaian HJB kita mulai dengan ziarah makam raja-raja Bone. Sebelumnya, juga sempat ziarah makam raja Bone ke-31 La Pawawoi Karaeng Sigeri di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Baca juga: Bupati Adnan Hadiri Hari Jadi Bone Ke-692 Tahun

“Dalam kesempatan ini. Kami haturkan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada Pemerintah Kabupaten Gowa atas sambutan dan segala fasilitasnya,”ungkap Bupati Bone.

Sementara itu, Wakil Bupati Gowa H. Abdul Rauf Malaganni mengatakan, Selamat datang di wilayah Kabupaten gowa. Bone dan gowa satu-kesatuan yang tidak bisa dipisahkan oleh siapapun.

“Kami di sini bukan menyambut Bone sebagai tamu, tetapi sebagai keluarga. Penelusuran kerajaan bone dan gowa adalah kerajaan terbesar di Sulawesi Selatan.
Maka dari itu, melalui momentum ziarah makam ini atas nama pemerintah kabupaten gowa beserta jajaran dan masyarakat mengajak pemerintah daerah Bone untuk semakin mempererat tali persatuan dan silaturahim,” jelasnya. (Fan/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button