NasionalNewsNusantaraSulawesi
Trending

Ramadhan, Baznas Buka Layanan Pembayaran Zakat Metaverse

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mulai merambah dunia metaverse. Pada Ramadhan ini, Baznas akan membuka pelayanan pembayaran zakat metaverse. Begitu juga layanan pembayaran infak, dan sedekah.

Hal tersebut, menunjukkan perkembangan metaverse di Indonesia tidak bisa di bendung.

Menurut Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA, konsep ini merupakan kemajuan pesat teknologi digital saat ini di Indonesia.

Nantinya, muzaki akan diajak menyelami pengalaman baru dalam berinteraksi dengan petugas layanan, khususnya dalam berkonsultasi terkait zakat dan kemudahan pembayaran ZIS di BAZNAS.

“BAZNAS selalu beradaptasi dengan kemajuan teknologi, salah satunya dalam memanfaatkan teknologi baru, yakni dunia metaverse,” kata Noor dalam keterangan resmi, Kamis (10/3).

Zakat metaverse akan diluncurkan jelang Ramadhan 2022 diharapkan memberikan manfaat dalam melayani zakat seperti edukasi zakat atau kampanye gerakan zakat, serta konter zakat metaverse.

Pengembangan zakat metaverse mulai Januari 2022. Langkah ini merupakan upaya lain dari BAZNAS dalam memanfaatkan dunia digital untuk mengampanyekan dan mendorong peningkatan pembayaran zakat, infak, dan sedekah. Pembayaran zakat metaverse selama Ramadhan bisa di lakukan. Begitu pun infak dan sedekah.

“Sejak 2016, BAZNAS telah melakukan upaya digitalisasi yang terus dikembangkan menjadi transformasi digital secara menyeluruh dari semua proses kerja BAZNAS. BAZNAS selalu berusaha memberi kemudahan kepada masyarakat untuk menebar kebaikan,” kata Noor.

BAZNAS telah berkolaborasi dengan lebih dari 80 mitra platform digital, yang terdiri atas beragam peran, antara lain sebagai fasilitas payment gateway, crowdfunding, e-commerce, penyediaan QRIS untuk ZIS, dan penyedia teknologi chatbot ataupun teknologi augmented reality (AR).

Selama masa pandemi Covid-19 BAZNAS menggenjot digitalisasi zakat untuk menghentikan penularan virus corona. Upaya ini membuahkan hasil peningkatan ZIS, sebab sejumlah pihak yang telah mendukung proses digitalisasi zakat BAZNAS. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button