NasionalNewsPolitik
Trending

Dana Sawit Potensi Tunda Pemilu 2024, Mantan Pimpinan KPK Saut Bicara Blak-blakan Soal Politik Uang

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Wacana tunda Pemilu 2024 masih terus menggelinding. Eks Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang melalui kanal YouTube-nya mengklaim dana sawit potensi tunda Pemilu 2024. Di mana aliran dana dari industri kelapa sawit berpotensi digunakan untuk wacana penundaan Pemilu 2024.

“Apa betul biji sawit ini bisa mempengaruhi atau bisa menunda pemilu? Kalau saya bilang bisa,” ujar dia dalam kanal YouTube pribadinya Rabu (4/5). Saut bicara blak-blakan soal potensi tunda Pemilu 2024, politik uang, dan aliran dana sawit.

Baca Juga: Soal Wacana Tunda Pemilu 2024, Cak Imin “Salahkan” Eksekutif Ikut Merespons

Ia menilai potensi ini muncul setelah melihat situasi politik di Indonesia masih rentan dalam penggunaan money politic atau politik uang. Terlebih, karut marut tata kelola industri kelapa sawit diduga tak serius ditangani pemerintah.

Apalagi kelapa sawit menjadi penyumbang devisa terbesar Indonesia. Pada 2017, industri kelapa sawit menyumbang devisa Rp239 triliun.

“Biji sawit ini bisa berperan dengan besarnya dana yang kita lihat di situ berputar-putar di sekitar sawit ini. Saya mengatakan karena money politic kita sangat masih menjadi perdebatan. Saya mengatakan punya potensi besar kalau kita tidak jaga,” papar Saut.

Baca Juga: Sentil Big Data Dalih Tunda Pemilu, Junimart Girsang: Sampean Siapa?

Selain itu, Saut juga meminta masyarakat sipil tetap membuka mata terhadap isu-isu yang mengancam demokrasi.

“Kita harus keep our eyes open, terus mencari informasi dan kemudian mengkontribusikannya supaya kita menjaga demokrasi kita secara periodik. Sesuai dengan perkembangan atau perjalanan waktunya. Jadi jangan di-engineering,direkayasa,” ujar Saut.

Sebelumnya, itu tersebut di lontarkan oleh Anggota DPR dari fraksi PDIP Masinton Pasaribu. Ia mengklaim memiliki informasi terkait dugaan pengumpulan dana (fundrising) untuk mengongkosi wacana penundaan pemilu 2024 dari kasus dugaan korupsi pemberian izin ekspor minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO).

Baca Juga: Kritik Klaim Luhut Soal Tunda Pemilu 2024, Adian Napitupulu: Jangan Semena-mena Klaim Kehendak Rakyat

“Sebagian dari kelangkaan minyak goreng dan kemudian harganya di bikin mahal. Dan mereka mengutamakan ekspor karena kebutuhan fundraising. Untuk memelihara dan menunda pemilu itu,” kata Masinton kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (23/4).

Isu penundaan Pemilu 2024 sendiri di awali oleh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan-dipopulerkan oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Mengklaim sebagai pengusul penundaan Pemilu 2024, Cak Imin mengaku tak pernah mendengar isu soal pendanaan sawit itu.

Baca Juga: Jusuf Kalla Sebut Tunda Pemilu Melanggar Konstitusi

“Sebagai saya yang ngusulin, saya enggak pernah dengar (isu) itu,” ujar dia, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/4).

“Wong usulan pemilunya sudah di tolak banyak pihak, enggak jalan lah, enggak ada (pendanaan itu),” tepisnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button