EkonomiNewsSulsel
Trending

TPID Gowa Laporkan Harga dan Stok Pangan Aman Jelang Ramadan

GOWA, NEWSURBAN.ID — TPID Gowa melaporkan, jelang bulan suci Ramadan, harga dan ketersediaan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional, minimarket, distributor dan agen di wilayah Kabupaten Gowa aman dan terkendali.

Hal ini berdasarkan hasil pemantauan langsung Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Gowa (TPID Gowa) di beberapa pasar, minimarket dan distributor dan agen di wilayah Kabupaten Gowa, Kamis (31/3).

“Setelah kita melakukan pemantauan, Alhamdulillah pada prinsipnya H-2 sebelum Ramadhan tidak ada pergerakan harga yang signifikan,” kata Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa, Akbar Mu’in.

Baca Juga: Gowa Raih Penghargaan Akselarasi Capaian Kinerja Pembangunan di Musrenbang RKPD Provinsi Sulsel

Dirinya menjelaskan bahwa ada 3 (tiga) pasar yang menjadi lokasi pemantauan, yaitu Pasar Induk Minasamaupa, Pasar Sentral Sungguminasa dan Pasar Bu’rung-Bu’rung di Kecamatan Pattallassang serta sejumlah distributor dan agen terigu, gula, minyak dan gas LPG. Sedangkan untuk minimarket dilakukan di wilayah Kecamatan Somba Opu dan Pallangga.

“Pada prinsipnya harga-harga masih tetap sama dengan minggu lalu. Kita berharap mudah-mudahan setelah memasuki Ramadan bahkan hingga Idul Fitri harga ini tetap. Walaupun ada pergerakan harga kita berharap masih dalam batas kewajaran,” ungkapnya.

Begitu pun stok kebutuhan pokok yang ada di agen-agen, sampai saat ini tersedia, seperti gula, terigu, dan tabung gas elpiji. Begitu juga dengan minyak goreng yang akhir-akhir ini di keluhkan masyarakat.

“Minyak goreng pada prinsipnya sudah tersedia. Para penjual tidak lagi kesusahan mendapatkan stok minyak seperti sebelumnya. Tetapi hanya memang harganya yang meningkat karena adanya pencabutan subsidi,” ungkapnya.

Baca Juga: Mudahkan ASN Gowa Miliki Rumah, BTN Tawarkan Program Tapera

Selainnya mengecek harga dan ketersediaan kebutuhan pokok, Akbar Mu’in juga menyebutkan pada kesempatan ini, tiga tim yang turun juga mengecek tanggal kadaluarsa sejumlah kebutuhan pokok di minimarket. Dirinya berharap semua kebutuhan pokok untuk konsumsi masyarakat khususnya selama Ramadan aman.

“Namun alhamdulillah berdasarkan laporan dari tim yang turun di minimarket, mereka tidak menemukan barang yang kadaluarsa. Pengalaman tahun lalu di minimarket banyak barang-barang yang sudah kedaluarsa masih di pajang. Padahal, untuk kesehatan Itu sangat berbahaya,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaganni yang sebelumnya melepas TPID Kabupaten Gowa di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa berharap harga dan ketersediaan kebutuhan pokok selama Ramadan bahkan hingga Idul Fitri tetap terjaga.

Baca Juga: Sekda Gowa Dorong Satu Instansi Siapkan Satu Inovasi

“Kita berharap harga dan stok kebutuhan pokok untuk masyarakat di Kabupaten Gowa ini khususnya jelang Ramadan dan selama Ramadan hingga Idul Fitri aman. Tetap terkendali baik dari segi harga maupun ketersediaannya,” harapnya.

Karena itu, ia meminta TPID Kabupaten Gowa, terus melakukan pemantauan harga. Dan, segera melakukan antisipasi jika terjadi gejolak lonjakan harga.

“Sehingga, konsumen miskin bisa menjangkau bahak pangan dengan harga terjangkau. Dan lakukan koordinasi dan kerjasama antar daerah dengan BUMN. Seperti Perum Bulog untuk memenuhi kebutuhan komoditas pangan dalam pemenuhan akses dan distribusi pangan,” harapnya.

Baca Juga: Terpopuler di Media Cetak 2021, Pemkab Gowa Kembali Raih PRIA 2022

Turut hadir dalam kegiatan Dandim 1409 Gowa, Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo dan Kepala Kejaksaan Negeri Gowa, Yeni Andriani. Dan, sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait yang tergabung dalam TPID Kabupaten Gowa. (jn/ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button