NewsParlemenPolitikSulteng

DPRD Sulteng Rapat Paripurna Bahas LKPJ Gubernur Sulteng 2023

PALU, NEWSURBAN.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah Menggelar Rapat Paripurna Masa Persidangan Ke-II Tahun Kelima Terkait Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur / Kepala Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Sulteng Tahun 2023. Kegiatan Bertempat di Ruang Sidang Utama DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis (28/03/2024).

Rapat Paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua-III DPRD Provinsi Sulawesi Tengah H.Muharram Nurdin.S.Sos.M.Si, dan dihadiri oleh sejumlah Anggota DPRD Provinsi Sulteng, dan dihadiri Gubernur Sulteng dalam hal ini diwakili oleh Asisten-I Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sulteng Dr.Fahrudin D.Yambas.S.Sos.MSi, Sekertaris DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Siti Rahmi Amir Singi.S.Sos.M.Si bersama para Pejabat Sekretariat DPRD Provinsi Sulteng, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Sulteng, serta para tamu undangan lainnya.

Olehnya pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua-III DPRD Provinsi Sulawesi Tengah H.Muharram Nurdin.S.Sos.M.Si, selaku pimpinan rapat membuka rapat paripurna secara resmi dan terbukan untuk umum, dan selanjutnya memberikan kesempatan kepada Gubernur Sulteng dalam hal ini diwakili oleh Asisten-I Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sulteng Dr.Fahrudin D.Yambas.S.Sos.MSi, untuk menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Provinsi Sulteng.

Baca Juga: DPRD Sulteng Hadiri Peresmian Dua Pelabuhan di Sulteng Oleh Presiden Jokowi

Maka pada kesempatan tersebut, Gubernur Sulteng dalam hal ini diwakili oleh Asisten-I Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sulteng Dr.Fahrudin D.Yambas.S.Sos.MSi, menyampaikan bahwa dalam struktur APBD Provinsi Sulteng tahun anggaran 2023, target pendapatan sebesar Rp.4,872 trilliun, dengan realisasi pendapatan daerah hingga 31 Maret 2023 sebesar Rp.4,548 trilliun atau 93,35%.

Capaian tersebut berasal dari kinerja pendapatan berdasarkan jenis penerimaan yakni Pendapatan Asli Daerah (PAD), namun yang dapat direalisasikan sebesar R.1,719 Trilliun atau 87,93% dari target sebesar Rp.1,955 Trilliun.

Alokasi anggaran tersebut terdiri dari 2 fungsi, 3 subfungsi, dan 11 program serta 30 kegiatan, adapun Perangkat Daerah yang melaksanakan program dan kegiatan tugas pembantuan pada tahun anggaran 2023 terdapat 5 Perangkat Daerah.

Baca Juga: DPRD Sulteng Hadiri Peresmian Rehabilitasi dan Rekonstruksi Bandara Mutiara Sis-Aljufri Palu

Pada kesempatan tersebut, Asisten-I Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sulteng Dr.Fahrudin D.Yambas.S.Sos.MSi selaku mewakili Gubernur Sulteng menyampaikan apresiasi atas terjalinnya sinergitas semua OPD lingkup pemda provinsi sulteng yang telah merealisasikan anggaran tahun 2023 secara akuntabel, transparan, efektif dan efisien.

Dan semoga dengan penyampaian LKPJ Kepala Daerah Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2023 ini menjadi momentum strategis menciptakan sistem pengawasan check and balance, demi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan partisipatif.

Senadah dengan hal tersebut, seusainya penyampaian pemaparan LKPJ Kepala Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2023 oleh Asisten-I Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sulteng Dr.Fahrudin D.Yambas.S.Sos.MSi, selanjutnya pimpinan rapat yakni Wakil Ketua-III DPRD Provinsi Sulteng H.Muharram Nurdin.S.Sos.M.Si, membentuk Pansus guna merumuskan catatan LKPJ Kepala Daerah Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2023 bersama OPD lingkup pemda sulteng, dan selanjutnya rapat paripurna di skorsing oleh pimpinan rapat sampai waktu tidak ditentukan. (hms/znl/ysw)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button