NewsSulsel

Satgas TMMD Gelar Penyuluhan Kesehatan kepada Warga Bontobahari

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 Kodim 1411/BLK, Satuan Tugas (Satgas) TMMD gelar penyuluhan kesehatan kepada warga di Kelurahan Tanah Lemo, Kecamatan Bontobahari, Kamis 20 Juli 2023.

Penyuluhan Kesehatan oleh Satgas TMMD melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba, yang terdiri dari Josafat Erlewang (Tenaga Penyuluh Kesehatan Masyarakat), Uni Uliyani (Penyuluh Kesehatan Masyarakat), Basri Baso (Penyuluh Kesehatan Masyarakat), Asrianti (Penyuluh Kesehatan Masyarakat). Para penyuluh ini dan didampingi oleh Koordinator penyuluhan Kapten INF Ahmad (Pasi Pers Kodim 1411/BLK).

Baca Juga: Portal Layanan Satu Data Bulukumba, Wujudkan Program Prioritas RPJMD Bupati-Wabup

Penyuluhan kesehatan di lakukan agar masyarakat mengetahui apa itu Penyakit Tidak Menular (PTM). Sehingga warga di harapkan membudayakan gaya hidup sehat, meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan faktor resiko penyakit tidak menular.

“Penyuluhan Penyakit Tidak Menular (PTM ) ini masuk ke dalam kegiatan non fisik dari program TMMD. Tujuannya agar masyarakat selalu mengetahui penyakit yang selalu mengintai kehidupan warga. Apabila tidak menerapkan pola hidup sehat,” kata Kapten Inf Ahmad.

Baca Juga: Usai Jalan Santai 1 Muharram, Ketua PKK Bulukumba Kunjungi Rumah Gizi Desa Polewali

Sementara itu, Josafat Erlewang menerangkan bahwa keadaan sehat. Baik secara fisik mental spiritual maupun sosial akan memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis

Lebih lanjut dia katakan, pola hidup sehat mempengaruhi empat faktor yaitu faktor lingkungan, genetik keturunan, pelayanan kesehatan. Serta, perilaku individu keluarga dan masyarakat itu sendiri.

Baca Juga: Satgas TMMD 117 Bulukumba Renovasi Rutilahu

Masyarakat Bontobahari kata Josafat bisa lebih rutin mengunjungi Puskesmas terdekat minimal tiga bulan sekali, guna mengecek riwayat kesehatan sedini mungkin. Sehingga dapat mengendalikan atau mendeteksi penyakit yang muncul.

“Kita sebaiknya rutin memeriksa kesehatan agar bisa di lakukan pencegahan terhadap penyakit menular maupun tidak menular,” imbuh Josafat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button