NewsSulsel

Tiba di Parepare, Pj Gubernur Sulsel Tebar Benih Udang Vaname dan Tanam Pisang Cavendish

PAREPARE, NEWSURBAN.ID — Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, setelah tiba di Kota Parepare langsung melakukan tebar benih udang vaname di Kecamatan Bacukiki. Bahtia juga menanam pisang cavendish di Pondok Pesantren Al Badar Bilalang, Kota Parepare, Sabtu, 17 Februari 2024.

Penebaran bibit benur udang vaname tersebut juga di ikuti Pj Ketua TP PKK Provinsi Sulsel Sofha Marwah Bahtiar. Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sulsel M Ilyas, dan Forkopimda Kota Parepare.

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menyampaikan apresiasinya. Karena bisa menanam pisang cavendish di lahan milik Pesantren Al Badar Bilalang Kota Parepare.

Baca Juga: Pemprov Sulsel – PT Bomar Kembangkan Benur Udang untuk Warga Pesisir

“Ini bagus luar biasa ini yang punya Pesantren Al Badar Bilalang Kota Parepare ini. Ini akan menjadi ekonomi mandiri bagi Pondok Pesantren ini,” kata Bahtiar.

Sementara itu, Sekretaris Pondok Pesantren Al Badar Bilalang Kota Parepare, Ibrahim yang juga Ketua Kelompok Tani Pisang Cavendish mengaku, pihaknya berencana menanam di lahan 20 hektare. Tetapi sekarang ini baru dapat 7.500 bibit. Penanaman pertama baru 2.000 bibit.

“Jadi tinggal beberapa lagi sehingga mencapai 10.000 bibit. InsyaAllah kita akan tanam di lokasi ini. Luas keseluruhan 20 hektare, tetapi yang kita mau tanami lebih awal 10 hektare dulu,” tuturnya.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulsel Cek Lokasi Pembibitan Sukun Inisiasi Kelompok Tani Desa Samaenre

Untuk itu ia berharap dengan budidaya tanaman pisang cavendish ini bisa menjadikan kemandirian bagi Pondok Pesantren Al Badar Bilalang dari hasil panen pisang cavendish.

“Mudah-mudahan budidaya tanaman pisang cavendish ini bisa berhasil dan bisa menjadi pendapatan murni kemandirian pendapatan pesantren akan terbentuk,” harapnya.

Selain itu, pihak Pondok Pesantren Al Badar berharap pemerintah baik Provinsi maupun Kota Parepare dapat membantu. Untuk pembibitan dan alat lainnya untuk pengembangan pisang cavendish tersebut.

“Dan kami berharap pemerintah dapat membantu kami. Baik bantuan bibit seperti ini maupun bantuan peralatan dan yang lainnya,” pungkasnya. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button