Evaluasi Kinerja OPD, Wali Kota Palu Minta 53 Program Ungulan Jadi Goal Target

PALU, NEWSURBAN.ID — Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE, minta kepala organisasi perangkat daerah (OPD) jadikan 53 program unggulan jadi goal target.

Hal itu, ia tegaskan saat memberikan arahan kepada seluruh pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kota Palu, Kamis (12/1/2023 di ruang rapat Bappeda Kota Palu.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Hadi memberikan arahan berkaitan dengan evaluasi kinerja tahun 2022. Terutama pencapaian 53 program unggulan Pemerintah Kota Palu di bawah kepemimpinannya bersama Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK.,M.Kes.

Baca Juga: DPRD Kota Palu Setuju Bahas Ranperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah

Wali Kota mengatakan pada prinsipnya dia, sangat mengharapkan program unggulan 53 tersebut betul-betul menjadi goal target semua OPD. Sehingga dibutuhkan proaktif dari semua untuk membangun tim kerja.

“Bukan hanya di internal OPD, tapi juga lintas OPD. Kepala OPD harus merasa sesama OPD saling memiliki ketergantungan dan keterkaitan agar program ini dapat berjalan dengan cepat,” katanya.

Ia menekankan agar setiap OPD di lingkup Pemerintah Kota Palu harus ‘jemput bola’ jangan ‘menunggu bola’. Olehnya rapat evaluasi kali ini menjadi momentum untuk saling menguatkan dan silaturahmi antar kepala OPD.

Menurutnya, setiap OPD pastinya akan mengalami banyak kendala di OPD-nya masing-masing, karena OPD pasti tidak mampu melaksanakannya dengan sendiri.

“Akan tetapi butuh kerjasama semua OPD. Saya yakin bisa saling menguatkan antar satu dengan yang lain,” ungkapnya.

Baca Juga: Kabel Optik Di rusak OTK, Jaringan Internet Putus, Pelayannan Publik OPD Pemkot Palu Terhambat

Wali Kota Hadi juga secara khusus meminta kepada Bappeda Kota Palu untuk betul-betul mengikuti progres kerja semaksimal mungkin. Rencana progres kerja harus berdasarkan skema realisasi anggaran per-TW-nya, sehingga itu menjadi ukuran realisasi kerja Pemerintah Kota Palu.

Ia menekankan agar target 53 program kerja Pemerintah Kota Palu tersebut harus terpenuhi dengan baik dan dievaluasi mana saja kira-kira program yang terlihat berat realisasinya itu harus didahulukan pelaksanaannya.

“Betul-betul di kaji dengan sebaik-baiknya. Manajemen seperti ini harus di perhatikan. Kemudian ketepatan kita dalam menargetkan sasaran, harus betul-betul di kuasai baik oleh kepala OPD. Jangan sampai tidak di kuasai,” tekannya.

Baca Juga: Gebyar PAUD Kota Palu 2023 Di harap Lebih Baik dari Tahun Lalu

Wali Kota menegaskan agar setiap OPD dari awal juga harus melakukan evaluasi internal sebagaimana yang-di lakukan saat ini. Agar ketepatan sasaran dari program kerja yang dilaksanakan itu dapat tercapai.

“Jadi ketika datang rapat evaluasi level tertinggi seperti ini bukan datang dengan bahan mentah. Tapi kita sudah datang dengan bahan jadi. Sehingga fokus point masing-masing OPD sudah ada,” tegasnya.

Turut hadir mendampingi Wali Kota dalam rapat evaluasi program kerja Pemerintah Kota Palu ini yaitu Sekretaris Daerah Kota Palu, Irmayanti Pettalolo, S.Sos.,MM. (ysf)

Exit mobile version