MetroNewsSulsel

Dirjen Adwil Kemendagri Apresiasi Pengamanan Natal di Sulsel

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dirjen Bina Administrasi Wilayah mengapresiasi pengamanan Natal yang dilakukan aparat baik Polri, TNI, termasuk Satpol PP. Alhasil, perayaan Natal di Sulsel khususnya Kota Makassar berjalan lancar, serta kondusif.

Hal itu disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kemendagri, Dr. Amran didampingi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sulsel, Andi Arwin Azis, saat berkunjung ke Gereja Katedral Makassar, Senin (25/12/2023). Kedatangannya ke Makassar dalam rangka memastikan kembali semua kondisi di Hari Raya Natal maupun jelang Tahun Baru aman terkendali.

“Sesuai surat edaran Mendagri kesiapsiagaan mengantisipasi natal dan tahun baru 2023/2024 semuanya aman dan terkendali. Kita mengharapkan juga tempat-tempat ibadah demikian. Makanya salah satunya kami berkunjung ke sini (Gereja Katedral). Kondisi memang tetap aman kondusif,” ujar Amran kepada awak media.

Baca Juga: Lakukan Pemantauan, Pj Gubernur dan Forkopimda Sulsel Pastikan Perayaan Natal Berjalan Lancar

Ia menyebut, Gereja Katedral Makassar di pilih menjadi salah satu titik konsentrasi pengamanan Natal. Ini mengingat, Katedral merupakan gereja tertua dengan jumlah jemaat yang cukup besar. Dari laporan pengurus Gereja Katedral, sedikitnya 1600 jemaat hadir mengikuti misa Natal.

“Sampai sekarang tidak ada hal-hal yang di khawatirkan. Kita mensupport juga pengamanan yang di lakukan oleh pihak Kepolisian maupun TNI,” ucap Amran.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Sulsel, Andi Arwin Azis menambahkan, sehari sebelumnya atau pada Minggu malam, 24 Desember 2023, pihaknya telah melaksanakan pengawasan, patroli gabungan dan penjagaan secara berkala terhadap pelaksanaan Natal 2023 dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Baca Juga: Peringatan Hari Ibu, Pj Sekprov Sulsel: Momentum Bangkitnya Perempuan Indonesia

Patroli di pusatkan pada tempat-tempat yang berpotensi munculnya gangguan ketentraman dan ketertiban umum. Serta perlindungan masyarakat (trantibumlinmas).

Arwin mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut Surat Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 400.6.3/6940/BAK Tanggal 8 Desember 2023 Hal Peningkatan Kesiapsiagaan Pemerintah Daerah pada Saat Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 Bidang Trantibumlinmas.

“Kami menurunkan 3 peleton personel atau kurang lebih 150 orang. Satu peleton adalah personel Satpol PP Kota Makassar,” ujar Arwin.

Tak hanya itu. Arwin menambahkan, personel Satpol PP juga di turunkan untuk mendukung pelaksanaan Operasi Lilin Polda Sulsel. Jumlah personel yang di siapkan sebanyak 1 peleton meliputi 30-50 orang. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button