Hadiri Perayaan HUT 73 DPGI, Hadi Beberkan Palu Sehat

PALU, NEWSURBAN.ID — Wali Kota Palu Hadianto Rasyid berharap Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) makin profesional dan bersinergi dengan program Palu Sehat. Harapan itu, ia sampaikan pada perayaan HUT 73 DPGI yang digelar PDGI Cabang Kota Palu, di Lapangan Vatulemo, Sabtu (21/1/2023).

Hadir bersama Hadi, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Palu Diah Puspita, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu Palu dr. Rochmat Yasin, Ketua Ketua PDGI Cabang Palu drg. Hj Luthfiah dan pengurus lainnya.

Pada kegiatan itu, Wali Kota Hadi menyapa anak-anak SD yang tengah mengikuti kegiatan sikat gigi bersama. Hadi juga menyaksikan sejumlah penampilan siswa.

Hadi berharap di usia yang tidak lagi muda, PDGI khususnya PDGI Cabang Palu menjalankan perannya dengan baik. Khususnya dalam transformasi kesehatan menghadapi tantangan global.

“Selaku Pemerintah Kota Palu, kami menyambut baik perayaan HUT 73 PDGI dengan berbagai rangkaian kegiatan. Seperti penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, jalan santai bersama anggota PDGI Se Sulawesi Tengah di Lapangan Vatulemo,” harap Hadi.

Baca Juga: Wali Kota Hadi Launching Jumat Palu Sehat, Siapkan Pelayanan Kesehatan Gratis

Kata dia, dokter gigi sebagai salah satu profesi sekaligus elemen intelektual dalam masyarakat adalah salah satu pihak yang turut mengemban amanah pembangunan bangsa.

“Dokter gigi harus kritis, mampu terlibat aktif dalam upaya pembangunan nasional melalui proses pengabdian profesi. Dan pengembangan ilmu pengetahuan dengan kerja nyata di lingkungan masyarakat,” kata Hadi.

Karena itu, ia berharap, melalui beberapa kegiatan HUT 73 PDGI, semakin mewujudkan masyarakat Kota Palu, hidup bersih. Dengan senantiasa memelihara kebersihan gigi dan mulut.

“Tak kalah penting, meningkatkan kesadaran anak-anak usia sekolah akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut,” ujar Hadi.

Menurut Hadi, kegiatan ini, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dan bangsa. Anggota PDGI Cabang Palu terjun langsung memberikan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut.

Pemerintah Kota Palu, dalam program kerjanya ingin mewujudkan Palu Sehat dengan berbagai kegiatan. Salah satunya. Jumat Palu Sehat yang launcing belum lama ini.

“Sesuai dengan namanya, pelayanan kesehatan ini akan kami laksanakan pada Jumat setiap pekan, berjalan secara gratis,” sebut Hadi.

Baca Juga: Bangun Kekompakan, Wali Kota Palu Minta Seluruh Kepala OPD Rutin Lakukan Pertemuan

Kegiatan Jumat Palu Sehat mencakup pemeriksaan kesehatan oleh dokter, pengobatan, pemeriksaan tekanan darah dan gula darah, pemeriksaan kesehatan bagi lanjut usia (lansia). Pemeriksaan kesehatan kerja bagi padat karya, pemeriksaan ibu hamil, serta penyuluhan dan konseling.

“Melalui pelayanan kesehatan gratis Jumat Palu Sehat ini, Pemerintah Kota Palu berupaya mendekatkan dan memberikan pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan kepada masyarakat berdasarkan wilayah kelurahan masing-masing,” tutur Wali Kota Hadi.

Ia menjelaskan, pelayanan kesehatan merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan dari tenaga kesehatan kepada masyarakat. “Pelayanan kesehatan gratis Jumat Palu Sehat merupakan inovasi dinas kesehatan Kota Palu,” imbuhnya.

Masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar kata dia, untuk mempercepat penurunan angka orang sakit. Begitu juga angka kematian ibu dan anak. Serta pelayanan kesehatan lansia oleh dinas Kesehatan Kota Palu di kelurahan setiap Jumat.

Rencana Pembangunan

Wali Kota juga menyampaikan rencana Pemkot Palu merevitalisasi Lapangan Vatulemo pada Februari 2023.

“Dengan revitaslisasi, lapangan ini nantinya akan kami tutup dalam beberapa waktu. Revitalisasi ini, untuk peningkatan beberapa fasilitas yang ada di dalamnya. Seperti pembuatan run track sesuai dengan standar. Juga, ada beberapa lapangan baru yang akan kita bangun menjadi lapangan kebanggaan masyarakat Kota Palu ini,” urai Hadi.

Sementara itu, halaman kantor wali kota akan dia bangun menyatu dengan Lapangan Vatulemo, serta jembatan penyeberangan di Jalan Moh. Yamin. “Juga akan ada playground, foodcourt, dan masih banyak lagi. Kita ingin Lapangan Vatulemo ini betul-betul menjadi pusat kegiatan masyarakat Kota Palu,” harap Hadi.

Ia berharap upaya-upaya Pemerintah Kota Palu itu, mendapat dukungan serta keterlibatan dari seluruh masyarakat Kota Palu. Sehingga kota ini, layak sebagai ibu kota provinsi Sulawesi Tengah. Dan dapat meraih piala Adipura kedepannya. (ysf)

Exit mobile version