NewsPemilu 2024PolitikSulsel

Pemprov, Kejati, Polda, dan Bawaslu Sulsel Komitmen Tegakkan Gakkumdu di Pemilu 2024

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Pemerintah Provinsi Sulsel, Kejaksaan Tinggi Sulsel, Kepolisian Daerah Sulsel, dan Badan Pengawas Pemilu Sulsel berkomitmen menegakkan sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Komitmen tersebut masing-masing disampaikan dalam Rapat Koordinasi Gakkumdu Pemprov Sulsel, Kapolda Sulsel, Kejati Sulsel, dan Bawaslu Sulsel, di Hotel Claro Makassar, Senin, 13 November 2023.

Ketua Bawaslu Sulsel, Mardiana Rusli, mengatakan, kegiatan tersebut menjadi catatan penting bagaimana penanganan pelanggaran di Sulsel adalah yang terbaik. Apalagi, Satgas Gakkumdu jalan sampai pada tingkat paling bawah, untuk menciptakan masyarakat yang anti politik uang.

“Kemudian kami saling menguatkan, saling mengingatkan, semoga ini menjadi sebuah perjalanan dan terus mengawasi semua yang berpotensi melanggar. Dan mari kita mengedepankan pencegahan untuk kesuksesan Pemilu dan Pilkada serentak di Sulsel,” kata Mardiana Rusli.

Baca Juga: BPKAD Kalsel Lakukan Kaji Tiru Penganggaran di Sulsel

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulsel, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, aparatnya di lapangan harus betul-betul menegakkan tugasnya, untuk mengawasi Pemilu. Tidak ada perbedaan tugas antara Kejaksaan, Kepolisian maupun Bawaslu di lapangan, karena semuanya telah tergabung di sentra Gakkumdu.

“Kita hadir menyamakan persepsi dan semua satu pemahaman. Kalau Gakkumdu gagal, maka gagal demokrasi. Semoga bisa mewujudkan Pemilu ini luber, jurdil dan berkualitas,” lanjutnya.

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Drs. Setyo Boedi Moempoeni Harso menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh stakeholder, terutama Bawaslu Sulsel yang berinisiatif menggelar acara sentra Gakkumdu ini. Hal ini adalah salah satu upaya untuk menuju kesuksesan Pemilu 2024.

Baca Juga: Pj Gubernur Bahtiar Paparkan Lanskap Pembangunan Sulsel di Dies Natalis UIN Alauddin

“Sulsel harus dijaga, harus ada perhatian khusus dari kita semua, lewat Gakkumdu untuk mensukseskan Pemilu,” tuturnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, mengaku sangat bersyukur Bawaslu Sulsel menggelar rakor sentra Gakkumdu untuk mengawasi Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

“Terimakasih kepada seluruh penyelenggara Pemilu, ini sangat luar biasa. Kami atas nama pemerintah menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kegiatan ini,” ucapnya.  (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button