MetroNews

Forum SKPD Dinas Kominfo Makassar: Wali Kota Harap Transformasi Digital, Menuju Makassar Metaverse Terwujud

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto berharap Dinas Kominfo Kota Makassar dapat mewujudkan transformasi digital menuju Makassar Metaverse.

Hal ini menjadi bahasan dalam forum OPD Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar di Hotel Vasaka, Senin (19/2/2024).

Hadir dalam Forum SKPD ini, perwakilan OPD lingkup Pemkot Makassar dan juga beberapa stakholder guna menyinkronkan berbagai program kerja Pemkot Makassar.

Baca Juga:Β Dinas Pariwisata Makassar Segera Launching Tagline Makassar Waterfront City Festival, Pj Sekda Firman Pagarra Beri Apresiasi

Forum SKPD dibuka secara langsung oleh Staf Ahli Bidang II, Dr Aryati Puspasari mewakili Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, yang menyampaikan harapan terwujudnya transformasi digital, menuju Makassar Metaverse.

β€œDengan adanya forum SKPD ini, menjadi forum untuk menyinkronkan berbagai program, sekaligus mendengarkan berbagai pendapat, baik itu hasil rekomendasi Musrenbang, dan juga sebagai ajang evaluasi berbagai program yang telah berjalan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Plt Kadis Kominfo Makassar, Ismawaty Nur menyampaikan terkait peran krusial Kominfo.

Baca Juga:Β Danny Pomanto Tekankan Pembangunan Low Carbon di FKP RKPD Makassar 2025

β€œMasukan dan saran dari masyarakat, sebagian besar tentang kebutuhan CCTV. Namun perlu-diketahui Kominfo memiliki peran krusial. Seperti melaksanakan peran kunci untuk melaksanakan satu data Indonesia, yang berarti harus satu data pula di kabupaten/kota,” ungkapnya.

Ismawaty Nur menambahkan bahwa Kominfo memiliki kapasitas dari segi hal teknologi dan statistik. Serta memiliki tanggung jawab untuk menjamin kerahasiaan data yang ada.

Untuk Kominfo Makassar terdapat beberapa bidang di antaranya Bidang Aptika, Bidang Humas dan IKP, Bidang Pengelolaan Data Elektronik dan Bidang Persandian.

Baca Juga:Β Kota Makassar Nominator Paritrana Award 2023

Hal lain yang menjadi catatan sebagai prioritas yakni menyediakan internet publik, yang dapat-diakses oleh masyarakat secara umum.

β€œPentingnya ketersediaan internet yang dapat di gunakan oleh publik. Salah satunya untuk mendukung UMKM yang ada di lorong. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” lanjutnya.

Demikian pula ketersediaan internet di sekolah-sekolah, sehingga anak didik dapat di dukung oleh sarana internet dalam pendidikan.

Pada akhirnya setelah melalui sharing, dengar pendapat dari peserta forum. Akhirnya di simpulkan bahwa masih di butuhkan berbagai peningkatkan, serta adanya regulasi. Serta strategi pemanfaatan, sehingga dapat terintegrasi dan memberi manfaat bagi OPD dan juga masyarakat.

Forum ini menghadirkan beberapa narasumber di antaranya Staf Ahli Pemkot Makassar, Prof. Dr Naidah Naim, Badan Siber Sandi Negara, Aruf Fahru Rozi. Dan perwakilan dari Bappeda, Saharuddin. Dan, fungsional perencana muda. (adv/*)

Baca Berita dan Artikel Lain diΒ Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button