MetroNews

Indira Yusuf Ismail Perkuat Implementasi 10 Program Pokok PKK Lewat Aplikasi Data Dasawisma

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID Ketua TP PKK Kota Makassar, Indira Yusuf Ismail, secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengenalan aplikasi data dasawisma di Hotel Best Western Plus Makassar Beach, Senin (7/08/2023).

Kegiatan yang diikuti oleh kelompok dasawisma, pengurus serta kader PKK kelurahan se-Kecamatan Ujung Pandang ini digelar sebagai landasan dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK.

Mereka diberikan pelatihan dalam menggunakan aplikasi data dasawisma dan pembekalan pengetahuan terkait 10 Program Pokok PKK.

Dalam arahannya, Indira menyampaikan pentingnya pemanfaatan teknologi dalam upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program-program PKK di tingkat kecamatan.

Baca Juga : Adnan Nilai Dengan Ber-Pramuka Ciptakan SDM yang Unggul

Aplikasi data dasawisma ini diharapkan dapat membantu para kader PKK dalam mendata dan memonitor potensi serta kebutuhan masyarakat di wilayah kecamatan. Oleh karena itu, dirinya menekankan perlunya validasi data yang tepat di lapangan.

“Karena aplikasi dasawisma ini berbasis data, tentu data yang kita punya harus data yang akurat. Seluruh kader dasawisma mohon perhatiannya untuk benar-benar tahu seperti apa itu aplikasi dasawisma jadi tidak asal menginput data,” tegasnya.

Di samping itu, Indira juga mengharapkan kerja sama yang baik antar kader dengan pemerintah kelurahan dan kecamatan setempat untuk memperoleh data yang tepat.

“Untuk dapat data yang akurat perlu kerja sama yang baik karena data yang valid ini akan banyak manfaatnya, sehingga kader harus tahu apa yang harus dilakukan. Kalau data tidak valid, tidak akan ada gunanya program-program yang akan dilaksanakan,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Camat Ujung Pandang Syahrial Syamsuri mengungkapkan bahwa jumlah penduduk di wilayahnya hanya berkisar 27 ribu penduduk. Jumlah ini merupakan jumlah penduduk terkecil kedua di Kota Makassar setelah Kecamatan Kepulauan Sangkarrang.

“Ini juga kemudahan bagi teman-teman yang nantinya akan melaksanakan kegiatan pendataan,” katanya.

Baca Juga : Danny Pomanto Dorong Peningkatan Pelayanan RSUD Daya, Rebut Kembali Akreditasi Paripurna

Syahrial pun menegaskan komitmennya untuk bersinergi dengan TP PKK dalam pelaksanaan pendataan. Dia berharap dengan pemanfaatan teknologi ini upaya pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga di Kecamatan Ujung Pandang dapat lebih terarah dan tepat sasaran, serta dapat mempercepat peningkatan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada PKK Makassar dan PKK Kecamatan yang sampai hari ini tetap bersinergi dengan pemerintah kecamatan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan ekonomi di Kecamatan Ujung Pandang,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, bimbingan teknis ini merupakan program kerja dari Pokja Sekretaris TP PKK Kota Makassar. Bimtek ini akan dilaksanakan secara bertahap dan menyasar 15 kecamatan se-Kota Makassar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button